Bupati Arief : Pasar Krempyeng Karangboyo Gairahkan Ekonomi Masyarakat

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pasar Krempyeng di Kelurahan Karangboyo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, pasar yang diadakan setiap hari Minggu ini menjajakan berbagai jajanan. Mulai dari jajanan tradisional hingga modern juga tersedia di sini. Bahkan berbagai produk UKM juga dijual di pasar ini. Berbeda dengan hari Minggu sebelumnya, pasar Krempyeng tersebut berinovasi agar masyarakat pengunjung dengan festival barongan.

“Ini merupakan sebuah kreativitas masyarakat Kelurahan Karangboyo, Kecamatan Cepu yang menggerakan perekonomian masyarakat dengan menggelar Pasar Krempyeng setiap hari Minggu,” kata Bupati Blora, Arief Rohman saat mengunjungi Pasar Krempyeng tersebut bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Ainia Shalichah, Minggu (15/05/2022).

Bupati Arief mengaku tidak menyangka, Pasar Krempyeng tersebut ramai dan banyak dikunjungi masyarakat Cepu maupun dari berbagai daerah sekitarnya.

“Saya tidak menyangka kalau pasarnya ramai seperti ini, apalagi ada festival barongan Pasar Krempyeng. Ini merupakan sebuah kreativitas yang harus kita dukung,” terang Bupati Arief.

Pihaknya juga mengapresiasi semua grup barongan, khususnya di Kecamatan Cepu yang telah ikut berpartisipasi menampilkan kesenian tersebut di Pasar Krempyeng.

Bupati Arief juga merasa sangat senang dapat hadir menyaksikan penampilan festival Barongan tersebut. Kedepannya Ia juga ingin ada diadakan lomba kesenian Barongan di Cepu.

“Saya sampaikan apresiasi penghargaan setinggi tingginya kepada semua grup yang sudah berpartisipasi, nanti ya mungkin pak camat bisa diadakan di Cepu juga piala biar dinilai ada hadiahnya,” jelas Bupati Arief.

Lebih lanjut, Bupati Arief mengaku, potensi barongan di Kabupaten Blora ini sudah dikenal luas, Ia pun juga berkeinginan agar nantinya ada lagi festival barongan.

*Kalau umpanya ada acara seperti ini, Insyaallah ramai, nanti grup-grup Barongan ini kita juga akan mimpi nanti akan ada festival lagi barongan tingkat nasional nanti, insyaallah kita adakan di bulan Desember,” Bupati Arief.

Bupati Arief mengaku, potensi barongan Blora ini sangat luar biasa. Bahkan, sudah mendunia dan kita banyak yang menjuluki kabupaten Blora ini kota barongan. Pihaknya juga berjanji akan mendukung kesenian Barongan termasuk adanya Pasar Krempyeng Cepu ini.

“Semoga Kecamatan Cepu akan semakin maju, semakin ramai, semakin dikunjungi orang, kita dukung kesenian Barongan termasuk yang ada di Kecamatan Cepu, kita dukung juga Pasar Krempyeng yang setiap minggu sekali semoga bermanfaat untuk masyarakat,” pungkas Bupati Arief.

Sementara itu, Ardy Afandi, salah satu penggagas Pasar Krempyeng, menjelaskan bahwa munculnya pasar ini untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Karangboyo yang sebelumnya mengalami masa sulit saat pandemi.

“Awal pasar ini kita istilahnya di masa pandemi warga banyak keluhan perekonomian kita kumpulkan di pasar krempyeng karangboyo jadi untuk mengangkat perekonomian di Karangboyo,” terang Ardy.

Ardy juga menjelaskannya, setiap pasar krempyeng digelar selalu ramai dikunjungi masyarakat Cepu bahkan sekitarnya.

“Setiap minggunya perkiraan ada 500-600 pengunjung, kalau khusus hari ini luar biasa, pertama hanya 30 penjual sekarang sudah 67 penjual disini, khusus warga Karangboyo,” paparnya

Ardy menjelaskan bahwa di pasar ini menjual berbagai macam barang, termasuk makanan mulai dari mulai jajanan tradisional sampai modern ada semua.

Lurah Karangboyo Cepu, Sumarji, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dari Bupati Blora di Pasar Krempyeng tersebut. Hal tersebut dapat menjadikan semangat dan memotivasi warganya, khususnya para pedagang untuk lebih maju.

“Terima kasih atas kunjungan pak bupati, ini sebagai inspirasi rekan-rekan penjual mudah-mudahan dapat lebih maju lagi,”pungkasnya.***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.