Di-Launching, Bengkel Tefa IASNISBA SMK 1 Blora Optimalkan Layanan

BLORA, (blora-ekspres.com) – Komitmen memberikan yang terbaik bagi para siswa dan masyarakat terus ditunjukkan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Blora. Salah satunya dengan diresmikannya bengkel Teaching Factory (Tefa) IASNISBA, Rabu, (11/03/2020).

Bengkel Teaching Factory (Tefa) IASNISBA SMK Negeri 1 Blora bertujuan mengenalkan dunia industri kepada siswa. “Sekolah berupaya meningkatkan kualitas siswa, salah satunya mengenalkan dunia industri kepada anak didik,” ungkap Kepala SMK Negeri 1 Blora, Kepala sekolah SMKN 1 Blora, Bambang Winarso, kepada media ini.

Dijelaskan, Bengkel Tefa merupakan program pemerintah pusat. Dalam program ini, SMK Negeri 1 Blora bekerja sama dengan yayasan Alumni IASNISBA mendirikan bengkel Tefa IASNISBA untuk pengelolaan bengkel mobil umum sebagai unit produksi. Sekolah menerapkan manajemen dan teknik perbengkelan secara professional.

“Kita menerapkan manajemen dan teknik perbengkelan secara professional tetap mengedepankan edukasi,” jelasnya.

Sekolah juga akan melakukan sinkronisasi kurikulum dengan modul edukasi yang ada. “Harapan kami anak lebih kompeten, bukan hanya terserap dunia industri, tetapi juga siap berwirausaha,” tuturnya.

Kepala Cabang Dinas Wilayah IV, Sugiyanto sedang mengunjungi bengkei Tefa IASNISBA seusai peresmian

Sementara, Kepala Cabang Dinas Wilayah IV, Sugiyanto menyampaikan apresiasi sekaligus penghargaan atas kegiatan SMK Negeri I Blora yang telah melibatkan dunia usaha dan dunia industri dalam melakukan revitalisasi sekolah menegah kejuruan.

Berdirinya Tefa merupakan bagian dari upaya pemerintah merevitalisasi SMK di Indonesia. Nantinya lulusan SMK, katanya, harus berstandar dan mudah diserap dunia industri atau sukses berwirausaha.

“Ketatnya persaingan dalam dunia kerja menuntut adanya kualitas sumber daya manusia yang memadai sesuai dengan standar kompetensi yang dimiliki, sementara itu baik lulusan tingkat kejuruan maupun pendidikan menegah, lulusan SMK pada dunia industri khususnya di Blora,” terangnya.

“Saya harapkan SMK Negeri I Blora dapat melakukan inovasi baru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan,” lanjutnya    

Dengan adanya bengkel Tefa IASNISBA ini akan menumbuhkan karakter, etos kerja dan kepemimpinan siswa. Keterampilan nonakademik itu sangat dibutuhkan dunia industri.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.