Germas di Plumbon, Puskesmas Rowobungkul Kampanyekan Makan Buah

BLORA, (blora-ekspres.com) – Puskesmas Rowobungkul, Ngawen, Blora terus menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan menggelar advokasi dan Sosialisasi Germas di lapangan desa Plumbon, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Selasa (31/05/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ed1 Widayat melalui Sub Koordinator Promkesda Dinkes Nanik Sri Mulyaningsih mengatakan, bahwa dengan diselenggarakanya kegiatan ini adalah dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Hidup Sehat (Germas) bagi masyarakat.

“Sosialisasi dan advokasi Germas ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat terhadap perilaku hidup sehat. Berbagai kegiatan telah kita lakukan seperti senam Germas, kampanye makan sayur dan buah dan kegiatan lainnya,” jelas Nanik.

Nanik menjelaskan, berbagai cara untuk hidup sehata diantaranya dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah-buahan, perbanyak makan sayuran, tidak merokok, tidak minum alkohol dan menjaga lingkungan sehat.

“Rutinitas olah raga senam sehat sebaiknya dilakukan setiap hari serta diimbangi dengan makan sayuran, buah buahan, serta makan ikan segar. Inti kegiatan ini sendiri merupakan momentum Program Germas dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan melalui budaya hidup bersih dan olahraga yang teratur,” terang Nanik.

Nanik juga berharap kepada Komisi D DPRD Kabupaten Blora yang membidangi kesehatan agar mendukung dan membantu program-program kesehatan di Kabupaten Blora.

Sementara Kepala Puskesmas Rowobungkul, Catur Hendro Yunianto menyampaikan kesehatan merupakan salah satu modal yang paling penting dalam menjalankan sagala macam aktifitas kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas diri.

“Germas dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, dan membersihkan lingkungan untuk menjaga kemungkinan datangnya sumber penyakit,” ujar Catur.

Lebih lanjut, Catur menambahakan, Germas diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat serta mampu mengubah kebiasaaan dan perilakunya menuju hidup yang sehat.

“Semoga masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Rowobungkul khususnya dan masyarakat Blora pada umumnya mampu menjalankan Germas dan membiasakan diri menuju hidup yang lebih sehat,” ajak Catur.

Pada kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Desa Plumbon ini selain menggelar jalan sehat dan senam bersama yang diikuti sekira sekitar 500 peserta juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah serta penandatanganan deklarasi gerakam masyarakat hidup sehat oleh Forkompimcam Ngawen dan para Kepala Desa (Kades) yang ada di wilayah kerja Puskesmas Rowobungkul.***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.