Example floating
Example floating
Example floating
HL

Hari Kesaktian Pancasila. Ajak Generasi Milenial Perkuat Semangat Cinta Tanah Air dan Kontribusi Bagi Bangsa

×

Hari Kesaktian Pancasila. Ajak Generasi Milenial Perkuat Semangat Cinta Tanah Air dan Kontribusi Bagi Bangsa

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2023 telah memberikan kesan mendalam bagi generasi milenial yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut di halaman Kantor Bupati Blora pada hari Minggu (01/10/2023).

Nadine Premestha Ardhani, seorang siswa kelas XI dari SMAN 1 Blora, mengaku senang senang dan bersyukur atas kesempatan ini untuk merayakan Hari Kesaktian Pancasila menjadi dasar negara Indonesia yang telah terbukti menjadi pedoman dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Kami sangat senang dan bersyukur atas kesempatan ini untuk merayakan Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang telah terbukti menjadi pedoman dalam hidup berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, kami merasa perlu merayakan Hari Kesaktian Pancasila ini,” ujar Nadine.

Azriel Pasha Tri Pratdityo dan Arfinsa Maulidya Kurnia Ilmi, juga merupakan siswa kelas XI dari SMAN 1 Blora, turut mengungkapkan pandangan serupa. Mereka berpendapat bahwa jika generasi milenial dapat memahami sejarah dan nilai-nilai yang terkandung dalamnya, hal tersebut merupakan tanda bahwa semangat bela negara, yaitu cinta Tanah Air, telah merasuki generasi muda.

“Berkat perjuangan para pahlawan di masa lalu, kami sekarang dapat menjalani berbagai aktivitas dengan baik dan menikmati kemerdekaan. Namun, kami juga menyadari pentingnya mengisi kemerdekaan ini dengan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” jelas Azriel.

Rehan Afif, seorang mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Terbuka, memberikan perspektif yang berbeda. Baginya, kesaktian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mengharuskan kita untuk mentaati dan mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial.

“Generasi muda, terutama milenial, seharusnya terus memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Rehan, yang juga merupakan anggota tim paduan suara Universitas Terbuka.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 di tingkat Kabupaten Blora dipimpin oleh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0721/Blora, Letkol Czi. Yuli Hartanto, sebagai inspektur upacara. Acara ini diadakan dengan penuh khidmat dan mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.”

Selama upacara Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2023, Letkol Czi. Yuli Hartanto membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh para peserta upacara. Selain itu, juga dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan dipersembahkan lagu Garuda Pancasila oleh tim paduan suara dari Universitas Terbuka.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2023 juga diadakan di berbagai sekolah, kecamatan, dan lembaga pemerintah lainnya.

Pemerintah Kabupaten Blora juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih pada tiang penuh dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2023. Pada hari sebelumnya, yaitu Sabtu (30/9/2023), masyarakat diimbau untuk memasang bendera merah putih setengah tiang.***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *