HUT ke-37. SMK Negeri 1 Blora Harus Bergerak, Tanguh dan Berkarya.

BLORA, (blora-ekspres.com) – Menyambut HUT ke-37. SMK Negeri 1 Blora telah menggelar berbagai kegiatan dan lomba. Diantaranya, donor darah, bakti sosial, alumni menyapa, pentas seni, senam bersama, lomba happy classroom, lomba tik tok online, lomba bola voli, tenis meja dan lomba tumpeng.

Praktis, selama lima hari berturut-turut sejak Senin hingga Jum’at (07-11/03/2022) seluruh siswa dan guru terlibat dalam kegiatan kreatif.

“Puncaknya akan dilaksanakan 11 Maret 2022,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Blora, Miftahul Ulum, Rabu (09/03/2022).

Lebih lanjut, Ulum menyampaikan, tema yang diusung dalam HUT ke-37 ialah ‘Bergerak, Tanguh dan Berkarya.

Kenapa harus bergerak, Ulum menjelaskan, karena situasi di masa pandemi Covid-19 terutma dunia pendidikan telah melakukan pembelajaran jarak jauh atau sistem online. Jika tidak bergerak, maka agar terjadi lost learning lost atau penurunan kulitas pembelajaran.

“Jika terjadi lost learning, maka akan mengakibatkan lost generation. Sehingga kita harus bergerak yang dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada,” jelas Ulum.

Selain bergerak, SMK juga harus tangguh. Dalam kondisi apapun seperti saat ini dalam masa pandemi dan semua serba robotik yang disebut Revolusi Industri 4.0 sehingga SMK harus tangguh.

Di era yang serba robotik yang terjadi saat ini, SMK harus tangguh menghadapi tantangan besar dan perubahan pola baru yang membawa dampak terciptanya keterampilan kerja baru.

Selain menawarkan kemudahan dan kemutakhiran teknologi, lanjut Ulum,  Revolusi Industri 4.0 juga memunculkan berbagai macam tantangan.

“Segala peluang yang ada tentu akan berakhir sia-sia apabila tidak mampu ditangani dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan berwawasan luas. Sasaran yang paling tepat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia para generasi muda,” jelas Ulum.

Untuk memperbaiki dan meningkatkan sumber daya generasi muda, Ulum berharap SMK Negeri 1 Blora harus benah demi melahirkan lulusan yang tak hanya kompeten dan mahir pada teori, namun juga ahli dalam mengimplementasikan teori tersebut melalui kerja praktik.

“Sehingga generasi tersebut mampu memanfaatkan peluang dalam era digital 4.0 sebaik-baiknya,” jelas Ulum.

Selin bergerak dan tanguh, SMK Negeri 1 Blora juga harus berkarya, berinovasi dan tingkatkan kreativitas.

Ulum juga berharap, siswa harus dimotivasi untuk terus berkarya, berinovasi, dan berkreasi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Untuk itu, SMK Negeri 1 Blora harus mampu menciptkan atmosfer yang kuat bagi para siswa agar termotivasi menciptakan terobosan dan inovasi yang dapat menjadi solusi atas sejumlah persoalan masyarakat. 

Lompatan selanjutnya, inovasi tersebut dapat dikomersilkan sehingga nantinya tercipta wirausahawan-wirausahawan muda yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang tinggi. 

“Jadi, lulusan SMK tidak perlu mencari pekerjaan. Sebaliknya, merekalah yang kemudian menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain,” pungkas Ulum.*** 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.