Memajukan Kebudayaan tradisional Khas Daerah, Bupati Blora Bangun Kerjasama dengan Raja Mangkunegara X Surakarta

SOLO, (blora-ekspres.com) – Bersama istrinya, Ainia Shalichah, Bupati Blora, Arief Rohman menjalin kesepakatan kerjasama pemajuan Kebudayaan tradisional khas daerah bersama Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Kerjasama tersebut disepakati laksanakan dalam forum silaturahmi Bupati Arief bersama Raja Mangkunegara X di Puro Mangkunegaran di Kota Surakarta, Selasa (13/09/2022).

“Alhamdulillah kami bisa silahturahmi dengan Kanjeng Mangkunegara X, Bhre Sudjiwo, sosok Raja muda yang cerdas, pintar, visioner, dan penuh semangat dalam melakukan inovasi pelestarian budaya. Di pertemuan ini, telah disepakati menjalin kerjasama pemajuan Kebudayaan tradisional khas daerah masing-masing,” ujar Bupati Arief.

Ketertarikan Kanjeng Mangkunegara X, Bhre Sudjiwo kerjasama pemajuan Kebudayaan tradisional tersebut, tambah Bupati Arief, karena Blora ternyata dahulu juga masuk Mangkunegaran.

“Kita akan bikin konsep event budaya bersama, atau bagaimana konsepnya akan kita diskusikan lebih lanjut. InshaAllah kalau ada kesempatan, beliau akan kita undang ke Blora pada rangkaian Hari Jadi di bulan Desember mendatang untuk bersama sama nguri-uri budaya,” terang Bupati Arief.

Sementaranya itu, Kanjeng GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, merasa senang dapat menerima kunjungan Bupati Blora. Meskipun baru kali pertama bertemu Bupati Arief Rohman, pihaknya dapat menerima dengan baik layaknya saudara. Kanjeng Mangkunegara X, Bhre Sudjiwo juga mengaku belum pernah berkunjung ke Blora

“Kebetulan saya belum pernah ke Blora. InshaAllah saya akan lakukan kunjungan balasan ke Blora. Kalau ke Thailand saja saya sempatkan, ke Blora yang lebih dekat pasti akan saya usahakan. Ditunggu undangannya Pak Bupati,” ucap Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo.

Menurutnya yang menjadi pembeda dan daya tarik dari setiap daerah adalah budayanya. Sehingga pihaknya mendorong masing-masing daerah untuk aktif melestarikan kekayaan budayanya sebagai daya tarik wisata yang bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Termasuk Blora.

“Saya sepakat tentang pelestarian budaya daerah. Mangkunegaran siap mendukung untuk berkolaborasi dan sinergi. Blora dengan kekhasannya harus bisa dikenal, begitu juga dengan Mangkunegaran. Bersama sama merawat budaya nenek moyang leluhur kita,” lanjutnya.

Usai diskusi bersama, Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo juga sempat mengantarkan Bupati berjalan keluar menuju halaman Puro Mangkunegaran. Tampak hadir Asisten Administrasi Sekda Blora, Camat Blora Kota, dan sejumlah warga Mangkunegaran asal Blora.***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.