Motivasi Mahasiswa PPL IAIN Surakarta, Sugiyarto : Menjadi Pengacara Harus Percaya Diri

BLORA, (blora-ekspres.com) – Sebanyak empat mahasiswa mahasiswi IAIN Surakarta melakukan Program Praktek Lapangan (PPL) di Lawyer Sugiyarto yang berada di jalan raya Blora – Ngawen.

Keempat Mahasiswa tersebut, yaitu Luluk Ilfitria, Nurhayati Shalikah, Nita Puspitasari dan Iza Miningsih. Masing-masing mahasiswa semester VII jurusan hukum ekonomi syariah.

Iza mengaku kedatangan di kantor lawyer Sugiyarto selain memenuhi tugas akhir, mereka ingin belajar langsung proses persidangan sesungguhnya di lapangan.

“Kita ingin memperoleh visualisasi secara langsung dari apa yang kita dapatkan dari kampus. Tadi kita sudah lihat langsung di persidangan bagaimana proses mediasi berlangsung dan dilihatkan pula bentuk surat kuasa itu seperti apa,” kata Iza kepada sejumlah media di Kantor Pengacara Sugiyarto, SH, MH dan Asosiasi, Rabu (08/09/2021) kemarin.

Mahasiswi asal Klaten ini mengaku penasaran dengan sistem kerja seorang pengacara. Menurutnya untuk menjadi pengacara profesional harus memiliki bukti-bukti kuat di persidangan.

“Sebenarnya penasaran saja pengacara itu seperti apa sih, tadi juga disampaikan pengacara yang baik itu harus punya bukti kuat saat proses persidangan digelar. Karena kalau sampai satu bukti saja tidak kuat bisa dimanfaatkan lawan,” ujarnya.

Dirinya pun berharap dengan belajar ilmu hukum secara langsung di ahlinya, ia bisa lebih banyak mendapat gambaran permasalahan-permasalahan hukum sesungguhnya di lapangan.

“Semoga dengan PPL langsung disini, bisa menambah wawasan ilmu hukum kita. Bagaimana dalam menangani perkara hukum, membela klien hingga bisa memenangkan kasus,” harapnya.

Sementara itu, Sugiyarto menekankan jadi Lawyer tidak mudah karena banyak anggapan negatif dari masyarakat.

“Kalau itu terjadi, ingatkan itu bukan kita, tapi oknum-oknum yang hanya ingin memanfaatkan dari berbagai persoalan hukum yang berjalan,” jelasnya.

Sugiyarto pun merasa bangga dan bahagia, kalau ada para mahasiswa ingin belajar tentang dunia kantor advokat. Pada PPL ini nanti akan ditemui pengalaman-pengalaman yang sangat berharga dalam menangani perkara dan permasalah hukum yang ada.

Lebih lanjut, Sugiyarto menambahkan, di dalam PPL ini nanti akan diperoleh pengalaman berorganisasi, percaya diri, PD istilah anak muda sekarang, idealis dan juga dapat menimba ilmu dari senior-senior.

‘Yah, pada prinsipnya senanglah, kalau ada mahasiswa mau belajar, karena dulu saya, waktu jadi mahasiswa sudah duluan merasakannya,” pungkas Sugiyarto.***Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *