Musrenbangdes, Desa Wantilgung Prioritaskan Jalan Usaha Tani 2021

BLORA, (blora-ekspres.com) – Peningkatan jalan usaha tani (JUT) masih menjadi prioritas pembangunan Desa Wantilgung, Kecamatan, Ngawen, Kabupaten Blora di tahun 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa (Kades) Wantilgung, Sutrisno kepada media ini seusai saat kegiatan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) di aula Balai Desa setempat, Selasa (24/11/2020).

Dikatakannya, peningkatan jalan usaha tani menjadi usulan prioritas. Pembangunan jalan usaha tani tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktifitas masyarakat dalam bertani.

“Peningkatan jalan usaha tani ini memang sangat diperlukan, mengingat sangat dikeluhkan masyarakat. Masyarakat bisa saja panen, tapi jika hasil panennya tidak bisa dibawa keluar karena jalan rusak, jadi sia-sia,” katanya.

Keberadaan Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Dana Desa yang setiap tahun dikucurkan pemerintah daerah dan pusat, menurutnya memang difungsikan untuk menyelesaikan persoalan di desa Hanya saja, untuk menyelesaikan persoalan tersebut, tidak cukup hanya dengan ADK dan Dana Desa.

“Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transfortasi pada kawasan pertanian untuk memperlancar mobilitas sektor pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produksi pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan,tempat pengolahan ataupun pasar-pasar,”

Jalan usaha tani sendiri diakuinya telah menjadi program prioritas 2021. Sebab jalan yang biasa digunakan masyarakat cenderung menyulitkan dan dibangun untuk mempermudah masyarakat untuk melaluinya.

Untuk pertanian Pemdes Wantilgung selalu mendukung keinginan petani dan kami berharap petani lebih bersemangat dalam menjalankan aktifitas bertaninya.

“Untuk itu petani harus diberikan kemudahan agar aktifitas mereka selama bertani menjadi lancar,” pungkasnya.***(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.