Pengurus Baznas Periode 2022-2027 Dilantik, Bupati Arief Meminta Mengoptimalkan Potensi Zakat

BLORA, (blora-ekspres.com) – Bupati Blora Arief Rohman melantik pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora periode 2022-2027 di ruang pertemuan Sekda Blora, Jumat (04/11/2022).

Untuk formasi pengurus Baznas Kabupaten Blora periode 2022-2027 tersebut, masing-masing, Sutaat (Ketua), Widodo (Wakil Ketua I), Nur Rokhim (wakil ketua II), Imam Suyono (wakil ketua III) dan Abdul Halim (Wakil ketua IV).

Dihadapan pengurus baru Arief, sapaan akrab Bupati Blora, meminta mengoptimalkan potensi zakat di Blora hingga di atas Rp1 Miliar/bulan.

‘’Ini menjadi tantangan bagi kita kalau mungkin sekarang per bulannya sekitar 700 juta, kalau bisa nanti ditingkatkan di atas Rp 1 miliar dan ini masih banyak potensi zakat yang masih bisa digali. Nanti coba kita diskusikan polanya seperti apa, rumusannya seperti apa. Dari Pemda akan mendukung apa yang menjadi program Baznas ke depan,” terang Arief.

Selain menggali potensi zakat dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora, Lanjut Mas Arief, perlu juga menggali potensi-potensi lainnya yang bisa meningkatkan perolehan zakat di Blora.

“Di Blora ini pengumpulan zakat ASN ini baru dari gaji pokoknya saja, mungkin nanti bisa kita mulai termasuk nanti TPP dan sebagainya. Kalau memang ada kesadaran kita sosialisasikan, kita awali dari pimpinan dulu Kepala OPD, untuk memberikan contoh,” tambahnya.

Bupati mengungkapkan, keberadaan zakat yang dikelola Baznas sangatlah penting, sehingga bisa untuk mendorong perekonomian masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan juga membantu pemerintah, dalam hal penanganan masalah sosial. Yang tidak bisa langsung ditangani APBN dan APBD, bisa ditangani Baznas kabupaten.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Baznas Blora periode 2018-2022 atas semua kinerjanya yang sangat luar biasa. Selamat kepada pengurus Baznas Blora periode 2022-2027, semoga bisa meneruskan program program Baznas sebelumnya. Kinerjanya bisa ditingkatkan lagi hingga keberadaanya dapat senantiasa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungka Bupati Arief.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Dr. KH Ahmad Darodji, mengatakan, Baznas Blora merupakan lembaga pemerintah. Sehingga diharapkan dapat turut membantu program pemerintah, dimana salah satunya berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.

“Gali potensi zakat di Blora untuk membantu Pak Bupati, kemiskinan di Blora ini masih cukup tinggi, dan cakupan Baznas ini termasuk untuk pengentasan kemiskinan juga,” terangnya

KH Ahmad Darodji mengapresiasi kepengurusan Baznas Blora periode sebelumnya yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. “Insyaallah dibawah kepemimpinan yang lalu, baznas kabupaten blora sudah bagus, tetapi kepengurusan ke depan harus lebih bagus,’’ paparnya. 

***(adv)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.