Example floating
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Penuhi Hak Anak di Klaster Kesehatan, Dinsos P3A Gelar Advokasi Puskesmas Ramah Anak

×

Penuhi Hak Anak di Klaster Kesehatan, Dinsos P3A Gelar Advokasi Puskesmas Ramah Anak

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Upaya meningkatkan pemenuhan empat hak dasar anak (hak hidup, tumbuh dan berkembang, mendapatkan perlindungan serta partisipasi), Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora menyelenggarakan Advokasi Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP), Rabu (23/08/23) .

Acara yang berlangsung di Resto Sebara, Seso, Jepon Blora itu diikuti oleh perwakilan dari 26 Puskesmas se – Kabupaten Blora dan Pengurus Forum Anak Kabupaten Blora.

Dikemukakan Plt Kepala Dinsos P3A Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi melalui Kabid Perempuan dan Perlindungan Anak, Amida Hayu Kristiana, kegiatan Advokasi Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) tersebut bertujuan untuk mewujudkan Puskesmas Ramah Anak dalam rangka memenuhi 4 hak dasar anak.

‘’Dengan demikian nantinya akan dapat mendukung terwujudnya Kabupaten Blora Layak Anak,’’ jelasnya.

Disampaikan, kegiatan tersebut sesuai dengan amanat Undang undang 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yakni Pemerintah Daerah Berkewajiban memenuhi Hak Dasar Anak melalui Program Kabupaten Layak Anak yang salah satu indikator di dalamnya adalah Puskesmas Ramah Anak.

Perlu Dukungan
Sementara itu, Plt Kepala Dinsos P3A Kabupaten Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi yang membuka acara, menandaskan, upaya untuk mewujudkan Kabupaten Blora Layak Anak perlu dukungan dari semua pihak.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Puskesmas selama ini sangat berperan penting dalam mendukung pencapaian tersebut.

‘’Kedepannya indikator indikator yang belum ada atau belum maksimal dalam rangka mewujudkan Blora sebagai kabupaten layak anak akan ditingkatkan lagi,’’ tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora yang diwakili oleh Sekretaris Dinas dr. Nur Betsia Bertawati menyampaikan, upaya untuk mewujudkan Kabupaten Blora Layak Anak salah satunya melalui perwujudan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas.

Untuk itu, demikian dr. Nur Betsia, semua Puskesmas yang ada di Blora hendaknya dapat mencermati dan melaksanakan indikator indikator Puskesmas Ramah Anak.

‘’Kami berharap hasil Advokasi dari Dinsos P3A Blora untuk segera ditindaklanjuti,” terangnya.

Hadir sebagai narasumber di Advokasi Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP). Diantaranya perwakilan dari Yayasan Setara Semarang, Yuli Sulistyanto, yang menyampaikan materi ‘Puskesmas Ramah Anak dalam Perspektif Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak’

Dalam diskusi dan penyusunan rencana tindak lanjut kegiatan, para perwakilan Puskesmas se – Kabupaten Blora berkomitmen untuk mewujudkan Puskesmas Ramah Anak. Selain itu mereka berharap segera ada regulasi khusus di Kabupaten Blora yang mengatur tata laksana Puskesmas Ramah Anak. ***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *