Example floating
Example floating
Example floating
HL

Peran TNI dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui TMMD

×

Peran TNI dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui TMMD

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III tahun 2023 di Desa Sambonganyar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora telah rampung, Kamis (19/10/2023)

Rampungnya pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2023 ditandai dengan upacara penutupan yang diselenggarakan di lapangan desa setempat.

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto mengatakan, program TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2023 merupakan program Kodim 0721/Blora dan Pemerintah Kabupaten Blora telah memberikan manfaat bagi masyarakat secara merata yang manghasilkan banyak pembangunan baik fisik maupun nonfisik selama satu bulan.

“Alhamdulillah TMMD tahap III tahun 2023 ini, telah berjalan TMMD tahap III dapat berjalan lancar serta dapat memberikan manfaat secara luar biasa baik fisik maupun non fisik bagi masyarakat,” kata Letkol Czi Yuli Hartanto.

Sesuai amanat Pangdam IV/Diponegoro, Letkol Czi Yuli Hartanto menyampaikan, TMMD Reguler Ke-118 dan Sengkuyung III tahun 2023 kali ini mengangkat tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.

Tema ini, lanjut Letkol Czi Yuli Hartanto, mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Program TMMD ini sejalan dengan konsep pembangunan Bergerak bersama yang melibatkan tiga elemen. Yakni TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat,” katanya.

Kegiatan ini rutin terlaksana setiap tahun sebagai dukungan dan solusi penyelesaian PR pembangunan di Kabupaten Blora

Harapan kami, ujar Letkol Czi Yuli Hartanto adanya TMMD ini dapat menumbuhkan dan memupuk semangat gotong royong di tengah masyarakat. Gotong royong sebagai nilai luhur nenek moyang kita. Merupakan modal dasar dalam membangun dan menjaga ketahanan nasional yang kokoh.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI Polri. Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah bekerja karena maksimal,” terang Letkol Czi Yuli Hartanto.

Menurutnya, dalam proses percepatan pembangunan, TMMD menyasar infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Penyelenggaraan TMMD Sengkuyung 2023 ini sekaligus sebagai momentum untuk bersama memulihkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora,” tukas Letkol Czi Yuli Hartanto

Lebih lanjut, Letkol Czi Yuli Hartanto membeberkan, TMMD ini selaras pula dengan program prioritas pemerintah pusat dan Kabupaten Blora. Seperti penanganan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrim, ketahanan pangan dan pengendalian inflasi serta program prioritas lain-lainnya,” jelas

Letkol Czi Yuli Hartanto juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan merawat hasil pembangunan yang telah diupayakan bersama.

“Tumbuhkan rasa ‘handarbeni’ untuk menjaga dan merawat hasil pembangunan bersama,” pungkas Letkol Czi Yuli Hartanto.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sambonganyar, Teguh Mulyo Utomo sangat berterima kasih atas program TMMD di desanya telah berdampak pada meningkatnya aktivitas ekonomi warga.

Selain di Kabupaten Blora, TMMD Reguler tahun ini diselenggarakan di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah, antara lain Kabupaten Brebes, Purworejo, Kendal, dan Wonogiri. Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung atau imbangan sebagai tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh.***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *