PPDB SMP Online, Orang Tua Siswa Gaptek Pilih Datangi Sekolah

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Blora tahun ajaran 2020-2021 dilakukan secara online hari ini, Senin (29/06/2020) resmi dibuka.

Meskipun pelaksanaan PPDB untuk SMP dilakukan secara online. Sebagian besar orang tua pun sudah paham teknisnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Blora, Hendi Purmono kepada wartawan disela-sela peninjauan pelaksanaan PPDB di SMP Negeri 1 Blora.
Menurutnya, sebagian besar para wali murid sudah melek kalau PPDB digelar online untuk memudahkan dan mendukung penerapan pembatasan sosial.

“Semua sekolah di Kabupaten Blora telah melaksanakan PPDB dilakukan secara online. Namun, masih banyak kendala kendala yang dihadapi di lapangan,” ungkap Hendi.

Selain masih kurangnya pemahaman orang tua siswa untuk mendaftar secara online, keterbatasan perangkat berupa akses smartphone ataupun komputer yang tidak dimiliki orang tua siswa. Imbasnya pada pelaksanaan PPDB yang menggunakan cara pendaftaran secara online.

Selaku Dindik, Hendi mengimbau kepada semua sekolah melakukan langkah antisipasi misalnya kendala yang dihadapi masyarakat jika PPDB dilakukan online.

Selain membuka PPDB online, diharapkan di sekolah juga ada petugas yang melayani masyarakat yang kurang faham terhadap tahapan ataupun cara mendaftar secara online.

“Tujuannya agar jangan sampai ada siswa yang tidak mendapat sekolah karena orang tuanya tidak paham teknologi,” ucapnya.

Meski meminta menempatkan petugas di sekolah, lanjut Hendi, tetap menjalankan protokol kesehatan. Misalnya menjaga jarak dan wajib memakai masker.

“Pihak sekolah harus membantuan dan mengarahkan pendaftaran secara online, termasuk memfasilitasi perangkatnya. Namun, harus tetap menjalankan protokol kesehatan tetap dipenuhi. Nanti pihak sekolah,” pungkas Hendi***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *