Example floating
Example floating
Example floating
Seni & Budaya

Senly Irene Manasae : Sinden Idol Generasi Muda Berjuang Melestarikan Seni Tradisional

×

Senly Irene Manasae : Sinden Idol Generasi Muda Berjuang Melestarikan Seni Tradisional

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Kepala SMP Negeri 1 Bogorejo, Puryanto memberikan apresiasi kepada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bogorejo, Senly Irene Manasae, yang yang memiliki talenta khusus dan berani tampil dalam ajang lomba Sinden Idol Kabupaten Blora.

Hal tersebut disampaikan Puryanto usai melihat penampilan Senly di ajang Sinden Idol yang digelar di Pendopo rumah dinas Bupati Blora, Selasa (07/11/2023) malam.

Puryanto mengatakan, Senly Irene Manasae yang bisa disapa Senly ini menunjukkan bakatnya dalam seni Sinden sangat luar biasa. Sinden ini yang merupakan bagian penting dari budaya Jawa.

“Kami berharap bahwa partisipasi Senly dalam lomba ini akan menjadi inspirasi bagi siswa lainnya, mendorong mereka untuk lebih aktif dalam menciptakan dan melestarikan warisan budaya Jawa,” ujar Puryanto.

Menurut Puryanto, Sinden Idol ini merupakan sebuah ajang seni yang mempromosikan seni tradisional Jawa, akan menjadi wadah bagi generasi muda, khususnya anak-anak Blora, untuk mengembangkan bakat mereka dalam seni dan budaya lokal yang semakin jarang terlihat di era modern ini.

Puryanto menekankan pentingnya menjaga dan memelihara budaya Jawa, yang merupakan bagian berharga dari identitas daerah. Dia mengungkapkan keprihatinannya terhadap tren modernisasi yang cenderung melupakan warisan budaya.

“Kita tidak boleh lupa dari mana kita berasal dan apa yang membuat kita unik. Budaya Jawa adalah harta yang tak ternilai bagi kita, dan kita harus menjaganya dengan penuh semangat,” ujar Puryanto.

Motivasi Senly mengikuti kompetisi Sinden Idol ini karena kecintaannya yang mendalam terhadap seni tradisional, khususnya seni sinden.

Senly menyadari bahwa seni sinden semakin terpinggirkan dalam budaya populer. Kecintaannya pada seni ini mendorongnya untuk ikut serta dalam Sinden Idol dengan harapan bisa membantu melestarikan dan mempopulerkan kembali seni sinden. Ia ingin agar seni tradisional Indonesia tetap hidup dan dihargai oleh generasi muda.

Dengan partisipasi Senly Irene Manasae dalam lomba Sinden Idol, SMPN 1 Bogorejo berharap bahwa semakin banyak siswa akan terinspirasi untuk berkreasi dan menjaga kekayaan budaya Jawa, sekaligus menjadikan acara ini sebagai platform untuk menggali bakat-bakat unik di kalangan generasi muda di Kabupaten Blora.***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *