Upah Tukang Program BSPS Desa Purwosari Dibayarkan Sesuai Kemajuan Pekerjaan

BLORA, (blora-ekspres.com) – Upah tukang dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Purwosari, Kecamatan Blora telah dibayarkan secara serempak sesuai dengan kemajuan pekerjaan.

Penyerahan upah tukang diserahkan langsung oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Hayatudin kepada warga penerima bantuan di balai desa setempat, Jum’at (15/10/2021).

Menurut Hayatudin, pada tahap I, upah tukang dibayarkan kepada 10 keluarga keluarga (KK) penerima bantuan program BSPS.

Hayatudin mengaku, beberapa hal yang menjadi permasalahan di tiap desa, karena penyelesaian pekerjaan yang molor sehingga akan berdampak pada keterlambatan pembayaran upah tukang.

“Bila di satu desa ada yang terlambat dalam pengerjaannya, maka akan berdampak terlambatnya pembayaran upah tukang. Sebab pengusulan pembayaran upah tukang harus menunggu semua pekerjaan selesai di setiap terminnya,” kata Hayatudin.

Hayatudin menjelaskan, BSPS merupakan bantuan pemerintah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang bertujuan mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah.

“Tahun 2021, Desa Purwosari mendapatkan alokasi BSPS sebanyak 10 unit rumah, dan hari ini pembayaran upah tukang kita salurkan,” tambah Hayatudin.

Perlu diketahui, tiap rumah mendapat alokasi anggaran senilai Rp. 20 juta, dengan rincian Rp. 17,5 juta untuk pembelian bahan material dan Rp. 2,5 juta upah tukang.

Hayatudin menjelaskan, dalam penggunaan dana tersebut, terbagi menjadi dua tahap pembayaran. Tahap pertama dana digunakan untuk pembelian bahan material dan upah tukang. Dalam proses realisasi pekerjaan akan ada fasilitator yang akan memantau perkembangan pekerjaan di lapangan.

“Bila pekerjaan tahap satu sudah selesai, maka fasilitator akan membuat laporan ke tim teknis. Selanjutnya teknis meminta kepada teknis provinsi untuk mencairkan upah tukang dan dibayarkannya lewat bank,” terang Hayatudin.

Sementara, Kepala Desa Purwosari, Anissa Widhi Rumdani mengucapkan, berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu warganya yang berpenghasilan rendah bisa memiliki rumah layak huni dan nyaman.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kementrian PUPR dengan programnya telah memberikan bantuan bedah rumah kepada warga desa Purwosari yang berpenghasilan rendah akhirnya memiliki rumah layak huni dan nyaman,” ucap Anissa.

Anissa mengaku bersyukur, proses pengerjaan berjalan lancar. Dan ia juga berharap program serupa bisa diluncurkan kembali.

“Alhamdulillah tahapan pelaksanaan nya berjalan lancar, dan tepat sasaran sesuai harapan semua pihak, terutama seauai harapan warga penerima manfaat. Dan kedepan, kami berharap program-program serupa bisa diluncurkan kembali, sehingga makin banyak warga Purwosari yang terbantu,” harap Anissa.

Salah seorang warga penerima BSPS bernama Mugiatun (39) mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan bedah rumah ini.

“Saya sebagai warga penerima bantuan bedah rumah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena bantuan program BSPS ini berhasil merubah rumah kami menjadi lebih baik dan sangat bermanfaat sekali. Sekarang saya merasa bersyukur karena atap rumah kami telah diperbaiki dan menjadi lebih nyaman,” ucap Mugiatun.***Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *