Warga Blora Urus Paspor Tak Perlu Jauh-Jauh, di Gedung Konco Tani Juga Bisa

BLORA, (blora-ekspres.com) – Sebentar lagi, masyarakat Blora yang hendak mengurus paspor baik baru atau perpanjangan tidak perlu jauh-jauh ke Pati. Hal ini karena kantor Imigrasi Pati bakal ikut meramaikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Blora yang berlokasi di Gedung Konco Tani Blora.

“Nanti pelayanan paspor baik baru atau perpanjangan tidak usah ke Pati, bisa dilayani di MPP kita,” ucap Bupati Blora, Arief Rohman saat ditemui media di Kantornya, Kamis (15/04/2021).

Karena, selama ini masyarakat Blora harus pergi ke Pati untuk membuat paspor dengan tujuan ke luar negeri, terutama saat akan melakukan ibadah umrah ataupun haji.

“Ini sangat penting bagi masyarakat Blora yang ingin membuat paspor,” terang Mas Arief sapaan akrab Bupati Blora.

Sebelum pascapandemi, lanjut Mas Arief, kalau jama’ah umrah biasanya jumlahnya ratusan.

“Demoga nanti segera umrah dibuka kembali pascapandemi ini,” harapnya.

Perlu diketahui, pengoperasian MPP Blora terus dikebut. Setidaknya akan ada 35 instansi yang melayani masyarakat di tempat tersebut. Salah satu instansi Imigrasi Pati.

Arief menambahkan pembukaan MPP rencananya dihadiri langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB), Tjahjo Kumolo pada 3 Juni mendatang.

“Sebelum lebaran ini kita akan lakukan soft launching, kita ingin kesiapan-kesiapan di lapangan seperti apa, sehingga ketika nanti launching resmi oleh Pak Menteri tanggal 3 Juni ini kita sudah siap,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Pati, Hasanin, mengatakan siap menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora dalam pelayanan dokumen keimigrasian.

“Pada prinsipnya kami dari kantor Imigrasi siap membantu. Tadi juga sempat diskusi dengan Pak Bupati. Nanti kami akan berikan pelatihan penanganan dokumen syarat administrasi keimigrasian terlebih dahulu agar petugas kami bisa dibantu dalam pelaksanaan di MPP,” ungkap Hasanin.

Hasanin mengaku saat ini jumlah pelayanan dokumen keimigrasian sedang mengalami penurunan sejak adanya pandemi Covid-19.

“Biasanya yang paling banyak terkait paspor haji dan umrah, namun karena ada pembatasan dari pihak Arab Saudi sehingga permintaan paspor pun menurun. Meskipun begitu kita tetap siap memberikan pelayanan keimigrasian,” terangnya.***Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *