Zainudin Resmi Pimpin DPC Peradi Blora – Rembang Periode 2021-2026, Bupati Blora Bersinergi Ajak Bersinergi Dalam Penegakan Hukum

BLORA, (blora-ekspres.com) – Zainudin resmi memimpin Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Blora – Rembang untuk lima tahun ke depan. Hal tersebut, ditandai dengan dilantiknya pengurus DPC Peradi Blora-Rembang periode 2021-2026 yang digelar di Gedung Graha Larasati, Blora, Jumat (19/11/2021) malam.

Pelantikan tersebut, telah dihadiri oleh Bupati Blora Arief Rohman dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Achiel Suyanto, Forkopimda Blora, Koordinator Wilayah Peradi Jateng serta Ketua DPC Peradi dari wilayah sekitar.

Ketua DPC Peradi Blora-Rembang terpilih Zainudin mengatakan, dengan dilantiknya para pengurus ini menjadi awal dalam pelaksanaan tugas pembelaan hukum. Termasuk dalam rangka bantuan hukum bagi masyarakat.

”Ini adalah awal, ini adalah pejuang-pejuang hukum yang telah dilantik oleh DPN dan bersedia untuk melaksanakan tugas pembelaan hukum, membela masyarakat tidak mampu dalam rangka pro bono atau bantuan hukum kepada masyarakat wilayah Blora dan Rembang,” papar Zainudin.

Zainudin mengkatakan, salah satu kewajiban dari advokat adalah juga melaksanakan tugas pro bono.

“Kita mempunyai kewajiban sebagai advokat yaitu melaksanakan tugas pro bono yang harus dilakukan setiap advokat dalam rangka untuk memberikan bantuan hukum pada masyarakat tidak mampu,” ucap Zainudin.

Pihaknya juga meminta dukungan dan doa agar para pengurus yang telah dilantik ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Mudah-mudahan atas doa bapak ibu semua kita nanti bisa melaksanakan tugas dengan baik dan sukses dan bisa bermanfaat pada masyarakat Blora dan Rembang,” harap Zainudin.

Dilantiknya pengurus DPC Peradi Blora-Rembang periode 2021-2026, Wakil Ketua DPN Peradi Achiel Suyanto juga menyampaikan selamat.

“Atas nama dewan pimpinan nasional saya menyampaikan selamat atas dilantiknya rekan sekalian menjadi pengurus DPC Peradi Blora- Rembang masa bakti 2021-2026,” kata Achiel Suyanto.

Selain itu, Achiel Suyanto juga memberikan beberapa saran kepada pengurus DPC Peradi yang baru saja dilantik. Seperti halnya agar segera membentuk pusat bantuan hukum dan komisi pengawas advokat Indonesia. Juga terkait kerjasama dengan Pemkab Blora.

“Dalam rangka menjalankan praktek pro bono segera dibuat MoU antara DPC Peradi Blora dan Rembang dengan (Pemerintah) Kabupaten Blora,” jelas Achiel Suyanto.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus DPC Peradi Blora-Rembang.

“Saya merasa senang malam hari ini bisa hadir disini, saya ucapkan selamat atas nama Pemerintah Kabupaten Blora pada pengurus Peradi Blora-Rembang yang sudah dilantik tadi,” terang Arief.

Arief mengatakan, Pemkab Blora berkeinginan untuk berkolaborasi dengan Peradi. Pasalnya, advokat memiliki peran penting dalam penegakan hukum di Blora.

“Kedepan kita ingin ada kolaborasi antara Pemerintah dengan Peradi, karena advokat ini juga sebagai komponen penegakan hukum khususnya di Kab. Blora,” tambah Arief.

Arief juga menambahkan, pemerintah akan segera melakukan tindak lanjut kerjasama dengan Peradi terkait dengan bantuan hukum untuk orang tidak mampu.

Pihaknya pun juga meminta Bagian Hukum Setda Blora untuk segera melakukan follow up kerjasama.

“Tadi Ketua terpilih menyampaikan kita ada Perda soal bantuan hukum untuk orang tidak mampu, tolong nanti segera di follow up format kerjasama seperti apa yang bisa kita lakukan,” ucap Arief.

Lebih lanjut, Arief mentambahkan, dengan bersinergi bersama berbagai pihak lain seperti kepolisian dan kejaksaan. harapannya agar Blora menjadi baik, kondusif dengan bergandengan tangan antara Pemerintah dengan Peradi dan pihak terkait.

Kemudian, Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas peran Peradi dalam ikut serta membangun Kabupaten Blora.

“Kami mengucapkan terimakasih atas sumbangsihnya selama ini dari teman teman Peradi dalam ikut membangun Kabupaten Blora,” pungkas Arief.

Sementara itu Wakil Ketua DPN Peradi juga menyampaikan atas dilantiknya pengurus DPC Peradi Blora-Rembang.

“Atas nama dewan pimpinan nasional saya menyampaikan selamat atas dilantiknya rekan sekalian menjadi pengurus DPC Peradi Blora- Rembang masa bakti 2021-2026” ungkapnya

Selain itu, pihaknya juga memberikan beberapa saran kepada pengurus DPC Peradi yang baru saja dilantik. Seperti halnya agar segera membentuk pusat bantuan hukum dan komisi pengawas advokat Indonesia. Juga terkait kerjasama dengan Pemkab Blora.

“Dalam rangka menjalankan praktek pro bono segera dibuat MoU antara DPC Peradi Blora dan Rembang dengan (Pemerintah) Kabupaten Blora” pungkasnya

Saat pelantikan tersebut turut disaksikan secara virtual zoom meeting oleh Ketua DPN Peradi Otto Hasibuan.***Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.