Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
HL

Antisipasi Karhutla, Polisi Intensifkan Patroli di Wilayah Kawasan Hutan Blora

129
×

Antisipasi Karhutla, Polisi Intensifkan Patroli di Wilayah Kawasan Hutan Blora

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Jajaran Polsek di Polres Polres Blora Bersama Perhutani Intensif Patroli Hutan mengintensifkan patroli wilayah kawasan hutan. Hal itu selain dalam rangka menjaga keamanan juga mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Selain antisipasi karhutla patroli tersebut juga mencegah aksi pencurian kayu negara di wilayah Kabupaten Blora, Polres Blora intensifkan patroli hutan.

Example 300x600

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Sambong Polres Blora, meski di tengah pandemi Covid-19, personil Polsek Sambong bersama Polhutmob Perhutani intensif melaksanakan patroli aset negara di kawasan hutan jati setempa

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan melalui Kapolsek Sambong AKP Sutrisno menjelaskan kegiatan patroli gabungan di hutan ini dilakukan untuk antisipasi pencurian kayu jati sekaligus antisipasi kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau.

“Untuk antisipasi pencurian kayu jati di hutan negara, kami bersinergi dengan Perhutani menggelar patroli hutan,” jelas Kapolsek Sambong.

Menurutnya, patroli sinergitas ini rutin dilaksanakan tidak hanya siang, tapi juga pada malam dan dini hari secara berpindah-pindah. “Kami gandeng polhutmob karena merekalah yang paham akan situasi di wilayah hutan,” kata AKP Sutrisno.

Selain memahami kawasan dan situasi hutan, Polhutmob lebih hafal dengan kondisi dan kerawanan kawasan hutan yang dijaganya.

“Kami gandeng Perhutani, agar lebih efektif serta maksimal dalam patroli,” tambah Kapolsek Sambong.

Kegiatan patroli itu sendiri di awali dengan titik kumpul di Pos Perhutani DX, kawasan hutan jati negara masuk Kecamatan Sambong, Blora.

Tidak hanya berpatroli, setiap saat di manapun lokasi ada sekelompok warga, tim gabungan juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat sekitar hutan, agar selalu waspada terhadap bencana alam dan menjaga hutan untuk kelestarian lingkungan.

Menurut AKP Sutrisno, warga diimbau agar setiap beraktivitas baik di desa, sawah ataupun di hutan, harus memperhatikan prosedur kesehatan, salah satunya adalah cuci tangan setiap selesai beraktivitas dan pemakaian masker saat keluar rumah.

“Kami ingin situasi Kamtibmas di Blora, terutama wilayah kecamatan Sambong tetap aman kondusif, meskipun ditengah pandemi Covid-19,” pungkas Kapolsek.***(Red/Ely)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!