Pastikan Kesiapan Personil, Apel Gabungan Siaga Bencana Digelar

BLORA, (blora-ekspres.com) – Personel gabungan dari berbagai unsur di Kabupaten Blora mengikuti apel kesigapan dan peralatan penanggulangan bencana tahun 2020/2021. Apel kesiapan ini digelar untuk memastikan kesiapan personil hingga peralatan apabila terjadi bencana, di musim hujan.

Gelar pasukan di Alun Alun Kabupaten Blora ini terdiri dari berbagai jajaran. Diantaranya, anggota BPBD, Kodim 0721, Satpol PP, Damkar, Dinrumkimhub, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta Polres Blora dan instansi terkait lainnya, Rabu, (11/11/2020).

Selain Bupati Blora, Djoko Nugroho, hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, Dandim 0721/Blora, serta Forkopinda Kabupaten Blora, dan tamu undangan lainnya.

Dalam apel tersebut juga dilakukan penggelaran sarana dan prasarana dari instansi gabungan seperti dapur umum statis dari Dinas Sosial, kendaraan patroli dari Polres dan Kodim 0721/Blora, Kendaraan Damkar, Perahu Penyelamat, Ambulance hingga alat berat untuk evakuasi jika terjadi bencana.

Dalam amanatnya Bupati Blora, Djoko Nugroho mengatakan, apel kesiapsiagaan bencana yang digelar di Blora ini bisa dikatakan yang terlengkap se Jawa Tengah, dimana semua sarana dan prasarana dari instansi lintas sektoral digelar dan disiapkan.

Lebih lanjut, Bupati Blora menambahkan, memasuki musim hujan yang intensitas cukup tinggi, mengajak seluruh elemen masyarakat selalu siap siaga dan mengantisipasi jika terjadi bencana alam di wilayahnya.

Bupati menguraikan bahwa bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Blora saat musim hujan adalah banjir, angin puting beliung, serta pohon tumbang.

Bupati menyampaikan ada 3 kecamatan yang dilalui aliran sungai Bengawan Solo yaitu Kedungtuban, Kradenan dan Cepu. Kepada warga yang tinggal di daerah aliran sungai, khususnya sungai  Bengawan Solo dan sungai Lusi Bupati berpesan agar selalu hati hati, karena saat hujan mulai sering, biasanya turun banjir kiriman dari Solo yang bisa terjadi sewaktu – waktu.

“Kita harus selalu siap siaga, kapan saja bisa saja terjadi bencana dan untuk itu seluruh elemen masyarakat harus bersatu dalam penanggulangan bencana,” tandas Bupati Blora.

Secara khusus Bupati mengucapkan terimakasih kepada Polres Blora, Kodim 0721 serta Yonif 410/Alugoro yang telah ikut berperan aktif dalam penanggulangan bencana di Blora, baik penanggulangan bencana alam ataupun bencana non alam, yaitu dalam tugas kemanusiaan penanganan Covid-19.

Sementara itu Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan membeberkan, bahwa pihaknya telah menginstruksikan seluruh Polsek jajaran di 16 kecamatan untuk ikut aktif dan selalu bersinergi dengan TNI dan pemerintah setempat, terutama dalam penanggulangan bencana alam.

“Seluruh jajaran Polres Blora sudah siap siaga untuk bersinergi dalam penanggulangan bencana.

Contoh kecil untuk patroli saat ini selain antisipasi gangguan kamtibmas, kita juga gelar patroli untuk memantau daerah aliran sungai serta wilayah hutan di Polsek yang wilayahnya ada,” beber Kapolres.

Seusai apel, kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana alam banjir, dimana dipraktekkan penanganan banjir oleh BPBD Blora dan dapur umum statis dari Dinas Sosial Kabupaten Blora.***(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *