Pembukaan Pesta Siaga : Umi Kulsum Ajak Do’akan Para Penggalang dari SMPN 1 Turi Sleman

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Blora tahun 2020 telah dibuka oleh Bunda Siaga Dra. Hj. Umi Kulsum di halaman SMK Migas Cepu ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan Pramuka Siaga dan pelepasan burung dari dalam replika tunas kelapa.

Acara diikuti oleh sebanyak 32 regu atau barung Pramuka Siaga yang terdiri dari 16 regu putra dan 16 regu putri dari 16 Kwartir Ranting (Kwaran) se Kabupaten Blora.

Dalam pertemuan Pramuka Sehari yang bertepatan dengan Hari Baden Powell (Bapak Pandu Dunia) itu dibuka dengan pertunjukan tari massal Gladen Soreng sebanyak 89 pelajar.

Bunda Siaga Dra. Hj. Umi Kulsum sedang memberikan arahan kepada peserta Pesta Siaga di halaman SMK Migas Cepu

Dalam acara ini, Bunda Umi Kulsum mengajak seluruh anggota Pramuka yang hadir untuk berdoa sejenak, mendoakan para korban peristiwa hanyutnya pelajar Pramuka di Sleman Yogyakarta.

“Kita turut prihatin atas kejadian atau musibah yang menimpa kakak-kakak penggalang dari SMPN 1 Turi Sleman yang kemarin hanyut saat kegiatan susur sungai. Mari kita berdoa sejenak agar yang belum ketemu segera ditemukan dan yang meninggal diberikan tempat terbaik,” ucap Bunda Umi Kulsum yang juga istri Bupati Blora Djoko Nugroho.

Ka Kwarcab, Arief Rohman, yakni menanam pohon kelor sebagai wujud kepedulian Pramuka terhadap kelestarian alam

Pihaknya juga mengajak adik-adik siaga untuk berhati-hati dalam setiap mengikuti kegiatan. Utamanya kegiatan luar ruangan.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Blora, Djoko Nugroho memberikan arahan dan meminta sejumlah regu untuk memampilkan yel-yel di tengah lapangan disaksikan jajaran Forkopimda dan para Kepala OPD.

“Selamat mengikuti pesta siaga untuk seluruh adik adik yang berasal dari 16 Kecamatan se Kabupaten Blora. Kalian adalah aset bangsa untuk kemajuan negara di masa yang akan datang. Jadilah generasi yang berani, berkarakter dan kekinian,” ucap Bupati yang akrab dipanggil Kokok tersebut.

Bupati Blora, Djoko Nugroho memberikan arahan kepada seluruh peserta yang mengikuti Pesta Siaga

Pembukaan diakhiri dengan penanaman pohon yang dipimpin oleh Ka Kwarcab, Arief Rohman, yakni menanam pohon kelor sebagai wujud kepedulian Pramuka terhadap kelestarian alam.

Selama kegiatan sehari, seluruh regu mempertunjukkan kemampuannya dengan percaya diri, kompak dan semangat di masing-masing pos penilaian. Diantaranya Taman Ketaqwaan, Keimanan, Permainan Besar, Yel-yel, Pengetahuan Umum tentang Pramuka, Penglihatan dan Ingatan, Tali dan Ikatan, Kompas, Kereta Bola Basket, Pentas Budaya, PBB (Baris-berbaris) hingga Bumbung Kemanusiaan.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.