PMII Blora Gelar Dialog Peran Pemuda Dalam Pembangunan

BLORA, (blora-erkspres.com) – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Blora, gelar Musyawarah Pimpinan Cabang (Muspimcab) dan dialog kepemudaan dengan tema peran pemuda dalam progres pembangunan di wilayah Kabupaten Blora. Sabtu (15/08/2020).

Acara yang dilaksanakan di gedung Serba Guna NU tersebut akan berlangsung selama dua hari. Turut dihadiri anggota DPRD Blora, Muhammad Ahmad Faishol dan Aktivis Lembaga Penelitian dan Aplikasi Wacana (LPAW) BLORA, Imam Ali Basori yang sekaligus sebagai pemateri.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Ahmad Faishol menyoroti terkait potensi hutan di Blora dan pertanian yang menjadi lumbung pangan nasional. Namun disisi lain angka kemiskinan dan pendidikan masih rendah.

“Celah kekurangan di Blora masih banyak, sehingga dperlukan sikap mandiri, kritis dan partisipasi pemuda,” ucapnya

Sementara itu, Imam Ali Basori menyebut desa sebagai subyek utama dan pemuda termasuk pada subyek dan obyek pembangunan daerah.

Ia menyontohkan tahun 2018 di kabupaten Goa Sulawesi Selatan pemudanya sangat berperan aktif bahkan dibuatkan forum sendiri oleh bupati setempat. artinya pemuda sangat diprioritaskan.

“Peran pemuda pada ranah mahasiswa dimulai sejak dari BEM atau senat. Merupakan pembelajaran bagian dari miniatur negara,” ujarnya.

Proses perencanaan pembangunan daerah merupakan proses penyusunan tahap kegiatan yang melibatkan berbagai unsur kepentingan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka peningkatan kesejahteraan dalam suatu lingkungan.

“Yang menjadi PR kita adalah menguatkan kapasitas, pembacan masalah dan regulasi, serta, membangun relasi dengan stakeholder” pungkasnya.***(Red/Tim)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.