Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example floating
HL

Tangis Haru Warnai Pelepasan Mahasiswa KKN 078 IKMB IAIN Kudus

×

Tangis Haru Warnai Pelepasan Mahasiswa KKN 078 IKMB IAIN Kudus

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Suasana haru dan kebahagiaan terlihat jelas saat mahasiswa dari Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 078 Integrasi Kompetensi Moderasi Beragama (IKMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menggelar malam pelepasan mereka di Kelurahan Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Selasa (03/10/2023) malam.

Ketua Kelompok KKN 078 IKMB IAIN Kudus Muhammad Farich Latief menyampaikan terima kasih kepada pihak kelurahan dan masyarakat setempat atas sambutan hangat yang telah mereka terima.

“Kami sangat bersyukur telah diterima dengan baik di Kelurahan Ngawen dan dapat berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Farich Latief.

Menurut Farich Latief, malam pelepasan mahasiswa KKN 078 IKMB IAIN Kudus ini tidak hanya menjadi momen berpisah, tetapi juga merupakan penanda kesuksesan kolaborasi antara mahasiswa, kelurahan, dan masyarakat setempat.

“Semoga semangat kebaikan yang telah ditunjukkan oleh pihak Kelurahan Ngawen dan seluruh masyarakat kepada mahasiswa KKN 078 IKMB IAIN Kudus akan terus membawa berkah dan manfaat,” terang Farich Latief.

Dalam masa KKN ini, terang Farich Latief, sebuah pengalaman yang tak terlupakan dan memberikan kesan mendalam telah dirasakan. Selama periode KKN, sebagai mahasiswa telah mengabdikan diri sepenuhnya dalam membantu dan berinteraksi dengan masyarakat menjadi pengalaman yang meninggalkan jejak positif yang tak terlupakan di hati.

“KKN bukan hanya sekadar tugas akademis, tetapi juga merupakan perjalanan emosional yang membuka mata kami sebagai mahasiswa terhadap realitas kehidupan di masyarakat. Ini sebuah pengalaman secara langsung berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang berdampak nyata,” jelas Farich Latief.

Salah satu mahasiswa lainnya, Fauzulmuna mengatakan, menjalankan program KKN mengubah pandangan tentang tentang hidup dan belajar banyak tentang kehidupan sehari-hari masyarakat, tantangan apa yang dihadapi, kekuatan solidaritas.

“Ini sebuah pengalaman yang memberikan wawasan tentang betapa pentingnya kerjasama antara warga dalam menjaga lingkungan dan memecahkan masalah bersama,” katanya.

Kesan mendalam ini juga tercermin dalam hubungan yang terjalin antara mahasiswa dan masyarakat setempat. Banyak mahasiswa yang merasa sangat terhubung dengan penduduk setempat dan merasa beruntung bisa menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Sementara Kepala Kelurahan Ngawen, Tutik Warsini dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi mendalam terhadap semangat kerja para mahasiswa selama pelaksanaan KKN 078 IKMB IAIN di wilayah Kepala Kelurahan Ngawen.

“Kami sangat mengapresiasi semangat kerja mahasiswa KKN 078 IKMB IAIN Kudus yang telah berdedikasi dalam membantu masyarakat kami selama beberapa bulan ini,” ujar Tutik.

Tutik berharap, ke depan mahasiswa-mahasiswa ini dapat meraih kesuksesan lebih lanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *