Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
HL

Aksi Sweeping Bawa Senjata Tajam Puluhan Pemuda Perguruan Silat di Blora Diamankan Polisi

7
×

Aksi Sweeping Bawa Senjata Tajam Puluhan Pemuda Perguruan Silat di Blora Diamankan Polisi

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Sekitar 32 pemuda yang berasal dari sejumlah perguruan silat diamankan oleh pihak kepolisian. Karena mereka berencana untuk melakukan aksi sweeping dengan bersenjata tajam di wilayah Japah, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Kamis (30/03/2023) malam.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Blora, AKP Supriyono mengatakan, pihaknya mengamankan para pemuda perguruan silat tersebut saat sedang melaksanakan patroli di wilayah tersebut.

Example 300x600

“Setelah kita lakukan pengecekan, ternyata di sepeda motor mereka ada yang kita dapati senjata tajam berupa dua samurai, kemudian satu kujang, satu sangkur, dan satu palu,” ucap Supriyono saat ditemui wartawan di Mapolres Blora, Jum’at (31/03/2023).

Supriyono menjelaskan pihaknya juga mendapatkan informasi tentang adanya kelompok perguruan silat lainnya yang berencana menyusul aksi tersebut.

“Untuk menghindari akses-akses yang lebih besar, karena informasi yang kita dapat semalam, juga dari simpatisan kelompok mereka juga akan menyusul untuk aksi mendukung melakukan sweeping di wilayah kecamatan Japah, kemudian kita bawa ke Polres Blora,” terang Supriyono.

Menurutnya, aksi sweeping bersenjata tajam yang dilakukan oleh para pemuda perguruan silat tersebut dipicu oleh adanya status seseorang di media percakapan sosial.

“Intinya mengejek salah satu perguruan silat yang lain sehingga terjadi miss, sehingga mereka terprovokasi, kemudian mereka melakukan kesepakatan untuk sweeping dan mencari orang yang membuat status tersebut, tapi sebelum itu terjadi, anggota kepolisian bergerak cepat, sehingga bisa diantisipasi dan tidak merugikan warga maupun suatu tindak pidana,” kata dia.

Lebih lanjut, Supriyono menerangkan setidaknya para pemuda yang melakukan aksi tersebut berjumlah sekitar 60 orang, tetapi karena keterbatasan pihak kepolisian di lokasi itu, maka sekitar 32 pemuda yang kemudian dibawa ke kantor polisi.

“Sementara saat ini masih kita gali keterangan mereka, apa tujuan mereka membawa senjata tajam di waktu malam hari dengan jumlah banyak. setelah itu kita lakukan pemanggilan kepada orang tua masing-masing, kemudian pihak organisasi perguruan silat mereka nanti akan kita panggil, kemudian akan kita lakukan mediasi ataupun pembinaan,” jelas dia.

Sekadar diketahui, dalam video berdurasi sekitar 20 detik, para pemuda dengan mengendarai sepeda motor dengan berkonvoi malam hari, dengan suara yang lantang seolah menantang perguruan silat lainnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!