Di Blora, BLT Dana Desa Tahap Kedua Minggu Ini Dicairkan

BLORA, (blora-ekspres.com) – Seluruh desa di Kabupaten Blora baru saja menyelesaikan musyawarah desa khusus lagi untuk verifikasi dan validasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blora, Hariyanto melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Gartinidi sela-sela konferensi pers terkait perkembangan persebaran virus Corona yang digelar di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora, Selasa (23/06/2020).

“Minggu ini sedang dilakukan persiapan penyaluran BLT Dana Desa tahap kedua, bagi warga terdampak virus Corona di Kabupaten Blora.” tutur Gartini.

Menurut Gartini, pada minggu kemarin, desa-desa di Kabupaten Blora baru saja menyelesaikan musyawarah desa khusus lagi, untuk verifikasi dan validasi KPM karena adanya penerima ganda dan pengusulan Kepala Keluarga (KK) miskin yang bukan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang pada bulan pertama terlewatkan, sehingga diusulkan masuk bulan kedua,” kata Gartini.

Bagi KK miskin non-DTKS yang belum mendapatkan BLT Dana Desa pada bulan pertama, menurutnya dapat diusulkan pada bulan kedua melalui musyawarah desa khusus dan revisi peraturan Kepala Desa tentang penetapan KPM.

“Kami harapkan data KPM pada usulan bulan kedua benar-benar fix dan valid, dan Pemdes agar memfasilitasi bagi KPM yang belum memiliki identitas kependudukan sehingga bisa diterbitkan rekening virtual account nya untuk penyaluran BLT Dana Desa secara non-tunai,” sambungnya.

Selanjutnya, berdasarkan usulan KPM dari seluruh desa yang masuk untuk BLT Dana Desa bulan kedua ada sebanyak 28.147 KPM atau sebesar Rp 16.882.200.000.

“Untuk minggu ini dijadwalkan BLT Dana Desa bulan kedua akan mulai disalurkan secara non tunai melalui Bank Jateng Cabang Blora, PD BPR BKK Kabupaten Blora, dan Bank Blora Artha,” pungkas Gartini.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.