Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
Kuliner

Diawali Jualan Keliling, Soto Kletuk Mbah Gowak Kuliner Legendaris Blora Ada Sejak 1957

4
×

Diawali Jualan Keliling, Soto Kletuk Mbah Gowak Kuliner Legendaris Blora Ada Sejak 1957

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Kabupaten Blora, Jawa Tengah memiliki aneka kuliner khas. Salah satu diantaranya adalah Soto Kletuk Mbah Gowak.

Soto khas Blora Mbah Gowak sudah melegenda sejak tahun 1956. Lokasi kuliner ini terletak di Kecamatan Kota Blora. Sejak berdiri, hingga generasi kedua sedapnya soto ini masih bertahan.

Example 300x600

Jika dilihat dari bentuknya, soto kletuk khas Blora ini sama seperti soto pada umumnya. Namun disini ditambah irisan ketela yang dibentuk bola-bola kecil yang dinamakan kletuk karena bunyinya saat dimakan. 

Soto Kletuk memiliki ciri khas kuahnya yang bening dan suwiran ayamnya sendiri memakai ayam kampung. Sementara itu kuah soto kletuk berasal langsung dari kaldu ayam sehingga menambah cita rasa semakin tak terlupakan. 

Untuk diketahui, dulunya Soto khas Blora Mbah Gowak dijual dengan cara keliling. Pada tahun 1970, sang kakek pernah berjualan di sebelah utara Alun-alun Blora, tepatnya dibarat rumah dinas bupati. 

Saat ini Soto Kletuk Mbah Gowak diteruskan oleh cucunya yang bernama Solikin. Menurutnya, dinamai Mbah Gowak lantaran dulunya ada orang Cina yang menjadi langganan soto kakenya.

“Dulu pernah berjualan keliling sampai sempat menyewa ruko untuk berjualan soto. Tetapi sekarang memilih untuk berjualan di Gunung Lawu, Kelurahan Tempelan Blora,” kata Solikin saat ditemui di warungnya, Jum’at (08/12/2023).

Sudah terkenal sejak dulu, Soto Klethuk Mbah Gowak bahkan pernah meraih juara satu lomba soto pada tahun 2007 dari Bupati Blora pada waktu itu. Meskipun sudah berusia 1 abad lebih, Soto Kletuk Mbah Gowak tetap eksis dikalangan masyarakat. 

Selain soto, warung makan ini juga menyediakan menu lain seperti sate telur puyuh, ati ampela, perkedel, dan aneka gorengan lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati menu rawon, asem daging yang hanya dibanderol Rp 15.000 saja, lontong opor Rp 10.000 hingga Opor ayam kampung Rp 10.000 – Rp 15.000. 

Ada juga berbagai jenis minuman seperti es teh, es jeruk, es kopi yang menyegarkan. Harganya pun murah dan pastinya nggak bikin kantong jebol.***

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!