KCD Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah Canangkan Zona Integritas

BLORA, blora-ekspres.com – Cabang Dinas (CD) Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah membuat komitmen dan mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

Sebagai komitmen pencanangan zona integritas dilakukan di lingkungan KCD Kehutanan Wilayah I Jawa dengan penandatanganan piagam deklarasi di halaman Kantor Cabang Dinas (CD) Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Selasa (09/06/2020).

Kepala KCD Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Heru Jatmika mengatakan, pencanangan pembangunan zona integritas ini, merupakan tindak lanjut dari Menpan-RB, yaitu semua instansi harus melaksanakan zona integritas.

“Kami telah berikrar atau janji mencanangkan Zona Integritas untuk menuju WBK dan WBBM di lingkungan kerja kami dengan penandatanganan piagam deklarasi bersama dalam menjalankan tugas tidak akan menerima pemberian dalam bentuk apapun, baik langsung maupun tidak langsung,” terang Heru.

Heru mengatakan, Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk menuju WBK dan WBBM dengan melakukan penataan terhadap sistem pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani dengan cepat, tepat  dan professional.

“Keberhasilan Pembangunan Zona Integritas, sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas. Oleh karena itu Zona Integritas diperlukan juga adanya dukungan yang baik antar semua pihak  yakni mitra kerja dan rekan kerja,” tegasnya.

Sebagai bentuk keseriusan untuk mewujudkan Zona Integritas, CD Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah telah menyusun program dan melaksanakan kegiatannya secara bertahap.

“Tahap pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan dengan melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja. Selanjutnya dilakukan penataan Standar Operating Procedure (SOP), Penataan SDM, Penguatan Akuntabilitas dan Penguatan Pengawasan. Setelah dilakukan tahap-tahap tersebut kita harapkan terjadi peningkatan kualitas pelayanan publik, hasil akhirnya adalah terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN dan terwujudnya kualitas pelayanan publik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan pelayanan dan mewujudkan WBK/WBBM, PN Sabang mencanangkan Zone Integritas yang melibatkan stakeholders serta instansi terkait di wilayah kerjanya.

Perlu diketahui, CD Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Blora ini memiliki tiga pos wilayah. Diantaranya, Pos Wilayah Blora, Pos Wilayah Rembang dan Pos Wilayah Grobogan.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.