Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Kerjasama DPK Dinkominfo Gelar Pelatihan Pengelolaan E-Surat

×

Kerjasama DPK Dinkominfo Gelar Pelatihan Pengelolaan E-Surat

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pelatihan pengelolaan surat elektronik (e-Surat) baik surat masuk maupun surat keluar, di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah, Selasa (15/12/2020).

Pelatihan yang diberikan oleh tenaga teknis Dinkominfo dan diikuti seluruh struktural ASN dan karyawan DPK Blora.

Hadir langsung dalam acara tersebut, Kepala DPK Blora, Aunur Rofiq, Kepala Dinkominfo, Sugiyono, Sekretaris DPK, Slamet Widodo beserta pejabat terkait.

Dalam pembukaan pelatihan, Kepala DPK, Aunur Rofiq mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kesediaan Dinkominfo memberikan pelatihan e-Surat untuk seluruh ASN di DPK Blora.

“Kami ingin, kedepannya e-Surat ini juga bisa disinkronkan dengan dokumen kearsipan daerah. Sehingga akan lebih mudah dalam mendokumentasikan dan mengarsipkan surat surat penting pemerintahan,” ucap Aunur Rofiq.

Selain itu juga lebih memudahkan dalam mengatur disposisi serta penghematan kertas. Pihaknya berharap agar seluruh ASN dan karyawan/karyawati DPK bisa mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinkominfo Sugiyono mengaku senang karena dapat memfasilitasi pelatihan e-Surat di DPK Kabupaten Blora.

“Tahun 2018 sudah kita launching Simaya yakni aplikasi pengantaran surat secara elektronik atau e-Kurir. Maka tahun ini kita kembangkan aplikasinya sampai ke e-Surat,” jelasnya.

Tidak hanya mengirim dan menerima surat saja, namun bagaimana agar surat elektronik yang masuk bisa langsung dikelola oleh front office, dicatat, dinaikkan ke Kepala Dinas dan disposisi langsung secara online. Tidak perlu hardcopy.

“Jadi ketika Kadinas sedang diluar kota, tetap masih bisa melakukan disposisi langsung melalui aplikasi e-Surat ini,” kata Sugiyono.

Dengan aplikasi ini, lanjutnya, nanti juga untuk mendukung kelancaran kegiatan pemerintahan di tengah Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kegiatan dilaksanakan secara online untuk mengurangi tatap muka.

Acara selanjutnya dilakukan dengan bimbingan teknis yang diberikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Aplikasi Informatika, Nur Khamid, S.Kom. Satu persatu ASN mencoba untuk menggunakan aplikasi e-Surat yang bisa diunduh langsung di google PlayStore.

Ikut hadir pada pelatihan Kabid Teknologi Informatika (TI) Dinkominfo, Ahmad Hudil Khoiri.***(Red/Guh)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *