Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
Example floating
HL

Lawan Corona, PKK Blora Bagikan Masker Gratis Pada Masyarakat

×

Lawan Corona, PKK Blora Bagikan Masker Gratis Pada Masyarakat

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Upaya mengantisipasi virus corona (Covid–19), Tim Penggerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Blora, membagikan masker gratis kepada masyarakat, Senin (06/04/2020).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blora disejumlah fasilitas umum (fasum). Diantaranya, sejumlah pasar trasdisional, puskesmas, terminal, hingga pos pantau atau pos penjagaan mudik yang ada di perbatasan Kabupaten Blora.

“Ini sebagai wujud kepedulian kita untuk bersama-sama memerangi dan melawan persebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Blora. Kita bagikan 4500 masker, ada masker non medis dan masker medis. Yang akan datang tambah lagi 2000 masker, saat ini baru dikemas,” ucap Umi Kulsum Djoko Nugroho di sela kegiatan pembagian masker.

Selain membagikan masker, TP PKK Kabupaten Blora juga memberikan edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat agar ketika keluar rumah wajib menggunakan masker. Hal ini ditujukan untuk bersama-sama mencegah potensi persebaran atau penularan virus Corona atau Covid-19.

Di pasar tradisional, lanjut Umi, selain para pedagang, masker juga dibagikan kepada para pembeli yang sedang berbelanja.

“Tidak hanya membagikan saja, kita juga titip pesan kepada para pedagang untuk mengingatkan masyarakat yang berbelanja agar terus menggunakan masker ketika berkegiatan di pasar. Terlebih pasar ini merupakan tempat umum, banyak bertemu dengan orang, sehingga harus waspada,” lanjutnya.

Menurut Umi, ada dua jenis masker yang dibagikan. Yaitu masker medis dan masker non medis. Untuk masker medis, diserahkan kepada petugas kesehatan yang ada di Puskesmas, Terminal, dan Posko Kesehatan di perbatasan Kabupaten. Sedangkan masker non medis yang terbuat dari kain dibagikan kepada masyarakat umum.

Yang non medis terbuat dari kain, setelah digunakan bisa dicuci dan dipakai lagi. Ini kami bagikan satu-satu sebagai contoh. Harapannya satu orang punya dua masker sehingga ketika yang satu dicuci, bisa gantian pakai satunya lagi,” terang istri Bupati Blora, Djoko Nugroho.
Pihaknya berharap kegiatan ini bisa mengedukasi masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan agar tidak terpapar virus Covid-19.

“Semoga virusnya segera hilang dan bisa kembali berkegiatan seperti sedia kala,” sambungnya.

Tidak hanya membagikan masker, TP PKK Kabupaten Blora juga menyerahkan sejumlah makanan ringan dan vitamin untuk para petugas yang ada di Terminal dan Pos Jaga Perbatasan.

Bersamaan ini pula, menurutnya juga dibagikan paket bagi para tukang becak yang sedang sepi pelanggan dengan drive true agar tidak terjadi kerumunan.

“Kegiatan diawali di Puskesmas Blora, kemudian ke Pasar Rakyat Sido Makmur, Pasar Desa Gedongsari, Terminal Ngawen, dan Pos Jaga Perbatasan yang ada di Desa Gagaan Kecamatan Kunduran,” ujar Dwi Puji Rahayu salah satu pengurus TP PKK Kabupaten Blora.

Terpisah, Sri Yanti (45) salah satu pengunjung di Pasar Rakyat Sido Makmur, merasa senang dan berterimakasih atas bantuan masker yang diterimanya.

“Terimakasih atas bantuan maskernya. Beberapa hari lalu saya ke apotik cari masker kesulitan. Ternyata ini tadi saat belanja dikasih masker gratis sama ibu-ibu PKK. Alhamdulillah semoga bermanfaat, maturnuwun,” ungkap Sri Yanti.***(Tim/Red)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *