Pemkab Blora Luncurkan Bantuan Sosial Tunai Kemensos RI

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pemerintah Kabupaten Blora meluncurkan (launching) Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI dalam rangka percepatan penanganan dampak Covid-19.

Peluncuran BST dilaksanakan di Kantor Pos Kecamatan Jepon oleh Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disnsos P3A), Indah Purwaningsih, Jumat (08/05/2020).

“Bantuan Sosial Tunai merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang disiapkan oleh pemerintah untuk meminimalisir dampak dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” terangnya.

Menurutnya, saat ini banyak warga yang terdampak akibat Covid-19, ada yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan pun berkurang.

Sehingga bantuan sosial tunai ini lebih ditujukan bagi masyarakat yang belum pernah menerima bantuan dari Kemensos.

“Jadi BST ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan kebutuhan pokok bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terkena dampak Covid-19,” jelasnya.

Untuk membantu meningkatkan ketahanan kebutuhan pokok dari KPM yang merupakan keluarga miskin dan rentan yang terkena dampak Covid-19.

“Tentu saja kita semua berharap dengan adanya BST ini masyarakat mampu bertahan hingga masa Covid-19 berlalu,” terangnya.

Pihaknya mengenukakan BST ini lebih ditujukan kepada KPM yang belum pernah menerima bantuan dari Kemensos, seperti program Sembako, maupun PKH.

“Yang diberi adalah masyarakat yang tidak menerima bantuan sosial PKH dan program sembako. Jadi penerima bantuan ini bagi masyararakat yang belum tersentuh oleh bantuan,” jelasnya.

Dengan demikan tidak terjadi penumpukan-penumpukan bantuan yang dapat menimbulkan kecemburuan.

BST ini disalurkan langsung oleh petugas PT Pos Indonesia dengan mekanisme dor to dor (dari rumah ke rumah) berupa uang runai sebesar Rp 600.000,00 yang diberikan kepada setiap KPM tiap satu bulan sekali selama tiga bulan terhitug sejak April hingga Juni 2020.

“Kepada PT Pos Indonesia sebagai mitra kerja Kemensos, saya sampaikan terimakasih. Kepada Pak Pos, matur nuwun (terimakasih), apresiasi tertinggi saya haturkan kepada sudara sekalian semua sebagai ujung tombak penyaluran bantuan ini,” ungkapnya.

Pihkanya berpesan, supaya tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.
“Gunakan masker, cuci tangan pakai sabun atau gunakan hand sanitizer, selalu jaga jarak dan tingkatkan terus imunitas tubuh,” tandasnya.

Peluncuran BST, secara simbolis, diserahkan langsung uang sebesar Rp 600.000,00 kepada seorang warga penerima dari wilayah setempat, kemudian ditandai pula dengan pelepasan petugas Pos Indonesia di halaman depan kantor Pos Jepon.

Kepala kantor PT Pos Indonesia kabupaten Blora Ivan Sutrisno mengemukakan pembayaran BST dilakukan dengan tiga cara, yaitu dibayarkan melalui loket kantor Pos, melalui komunitas dan melalui antaran.

“Dimana dalam antaran ini dilaksanakan bila penerimaan di kelurahan mungkin satu atau dua orang. Atau untuk yang sudah lanjut usia atau karena dalam keadaan sakit,” jelasnya.

Untuk kabupaten Blora, menurut dia, sampai dengan data yang diterima sebanyak 6.070 penerima. Sedangkan di kecamatan Jepon 346 orang penerima.

“Untuk kelurahan, di kelurahan Jepon yang terbanyak, yaitu 65 orang penerima,” ungkapnya.

Hadir dalam peluncuruan BST di antaranya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blora, Drs Sugiyono,MSi, Forkopimcam Jepon, Kepala Desa dan Lurah di wilayah kecamatan setempat.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.