Bawaslu Blora Lantik 48 Anggota Panwascam

BLORA, (blora-ekspres.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora lantik 48 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwascam) se-Kabupaten yang terpilih, di Hotel Arra Cepu, Blora, Jum’at (28/10/2022).

Bupati Blora Arief Rohman berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi tahin 2024 mendatang bisa meningkat. Tak hanya angka partisipasi yang meningkat dan berjalan aman dan lancar.

“Saya berharap dapat menjalankan amanah secara profesional, jujur dan taat hukum sehingga pemilu di Kabupaten Blora tahun 2024 berlangsung adil, aman, lancar dan berkualitas,” katanya.

Bupati Arief juga berharap Panwascam dapat membangun kerja sama yang baik dengan semua pihak dalam rangka mendukung kinerja lembaga Banwaslu dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu 2024. Dalam melakukan pengawasan ini, harus mampu membangun komunikasi yang intensif dengan seluruh instansi terkait.

“Yakin pemilu di Kabupaten Blora akan belangsung dengan aman dan sukses sebagaimana kesuksesan pada pemilihan umum beberapa waktu lalu. Saya juga yakin masyarakat Kabupaten Blora sudah dewasa dalam berpolitik untuk menata demokrasi yang lebih baik di Kabupaten Blora,” bebernya.

Sementara Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan mengatakan, dengan dilantiknya anggota Panwascam se-Kabupaten Blora dan beban sudah menanti menuju Pemilu 2024 mendatang.

“Saat ini sudah masuk tahapan verifikasi faktual partai politik dan ini merupakan tugas dari Panwascam untuk mengawasi proses,” kata Lulus.

Ia menjelaskan, jika melihat statistik dari 48 orang Panwascam yang dilantik, mayoritas diisi wajah baru.

Menurut Lulus, tahapan selanjutnya Bawaslu Blora akan melakukan peningkatan kapasitas dan integritas.

Pembekalan akan diberikan melalui bimtek selama beberapa hari terkait teknis pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024.

“Jaga kekompakan, jaga soliditas serta bekerjalah sesuai mekanisme dan peraturan berlaku. Niscaya pemilu dapat berjalan dengan baik,” ujar Lulus.

Sebab, menurutnya dengan 3 poin tersebut dapat mewujudkan pemilu seperti dicita-citakan oleh pemimpin terdahulu. Yakni pemilu jujur dan adil (jurdil), berintegritas serta menghasilkan pemimpin penerus bangsa yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Selamat bagi yang dilantik hari ini, terus jaga kekompakkan untuk pemilu yang lebih baik. Insyallah,” kata Lulus.

Lulus juga berharap, 48 Panwascam yang dilantik ini agar segera berkomunikasi dengan forkompincam masing-masing.***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.