Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen Bersama Warga Loji Gelar Tanam Pohon di Situs Makuwon

BLORA, (blora-ekspres.com) – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen Polres Blora bersama Karang Taruna dan Perhutani BKPH Ngrangkang menggelar penanaman pohon di Kawasan Nilai Konservasi Tinggi Situa Budaya Petilasan Makuwon yang berada petak 130 RPH Kepitu, BKPH Ngrangkang, KPH Blora.

Kegiatan penghijauan tersebut dilaksanakan di Dukuh Loji Desa Rowobungkul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Kamis (23/04/2020).

Bhabinkamtibmas Desa Rowobungkul, Anggota Polsek Ngawen, Bripka Widi Ristanto bersama masyarakat setempat mengatakan penanaman pohon ini untuk memperbaiki kondisi hidrologi lingkungan hidup, menjaga kelestarian, mencegah terjadinya banjir, erosi, tanah longsor, serta sumber air serta antisipasi kekeringan jika musim kemarau.

Salain itu, Widi mengungkapkan kegiatan dalam penanaman pohon ini dalam rangka untuk mensukseskan program kapolri tentang penghijauan lingkungan di semua wilayah.

“Selain itu sebagai upaya dalam mengantisipasi potensi gangguan berupa tanah longsor saat musim hujan, yang rawan terjadi di lokasi ini,” ujar Widi.

Menurut Widi kegiatan penanaman diharapkan sebagai bentuk kepedulian masyarakat Dukuh Loji terhadap kelestarian alam, maka manfaatnya dapat terus dirasakan generasi mendatang.

Widi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah telah mendukung program penghijauan ini. Dianataranya, Kepala Desa (Kades) Rowobungkul, Sugianto beserta perangkat desa serta Karang Taruna Dukuh Loji, Babinsa Koramil Ngawen, Peltu Gunawan, Kepala BKPH Ngrangkang, Joko Rimbawan dan Morindra Krisna sebagai rekanan penyedia bibit.

“Dengan kepedulian kita terhadap lingkungan dalam hal menanam pohon terus di budayakan demi menyelematkan bumi, maka dari itu penanaman pohon ini untuk penghijauan akan dapat dirasakn manfaatnya oleh masyarakat sebab dengan penghijauan ini alam akan kembali sehat begitu juga polusi udara,” ujar Widi.

Sementara, Kades Rowobungkul, Sugianto mengungkapkan terimakasih dan mengapresiasi terjalinnya kerjasama bersama Bhabinkantibmas desa Rowobungkul dan Babinsa bersinergi dalam wujudkan lingkungan yang asri.

“Mengantisipasi Banjir dengan bersama sama lakukan penghijauan penanaman 300 dari bermacam-macam jenis pohon di Kawasan Nilai Konservasi Tinggi Situa Budaya Petilasan Makuwon,” ungkap Kades Rowobungkul.

“Mari kita bersama-sama memelihara dan menjaga tumbuh kembangnya dengan bersama lakukan penyiraman demi terwujut lingkungan yang asri dan hijau yang akan bermanfaat sebagai salah satu usaha dalam mencegah banjir,” himbaunya.

Secara terpisah, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan saat dihubungi media ini mengapresiasi apa yang telah dilakukan personel Bhabinkamtibmas, sehingga apa yang telah dilakukan bisa bermanfaat bagi lingkungan, khususnya masyarakat Rowobungkul.

“Penanaman pohon merupakan instruksi Kapolri untuk menghijaukan lingkungan, seperti terlihat personel Bhabinkamtibmas Rowobungkul anggota Polsek Ngawen dan masyarakat setempat menanam pohon,” tutup AKBP Ferry.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.