Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Blora Optimis Raih Top 10 Terinovatif Nasional Pada IGA 2023

×

Blora Optimis Raih Top 10 Terinovatif Nasional Pada IGA 2023

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pemerintah Kabupaten Blora dengan penuh keyakinan mengejar peringkat sepuluh besar sebagai kabupaten paling inovatif di seluruh Indonesia dalam kompetisi Innovative Government Award (IGA) 2023. Saat ini, Blora telah berhasil masuk ke dalam jajaran 21 besar kabupaten terinovatif se-Indonesia.

Bupati Blora, Arief Rohman mengaku optimisme dalam upaya mencapai posisi teratas di IGA 2023. Hal tersebut disampaikan Mas Arief, sapaan akrab Bupati Blora dalam presentasi penilaian kompetisi yang berlangsung di Aula Utama Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (28/09/2023) kemarin.

Selama presentasinya, Mas Arief mengampaikan inovasi unik dalam sektor pertanian, yakni Gerakan Sejuta Kotak Umat. Gerakan ini mendorong masyarakat untuk mengubah kotoran ternak menjadi pupuk organik dengan nilai tambah ekonomi, memberikan manfaat yang signifikan bagi keluarga petani.

Tidak hanya di bidang pertanian, Blora juga membanggakan inovasi mereka dalam pendidikan dengan Sistem Informasi Layanan Anak Tidak Sekolah (SILAT), sebuah aplikasi berbasis web yang memfasilitasi verifikasi, intervensi, pemantauan, dan evaluasi bagi Anak Tidak Sekolah (ATS).

“Kami yakin dapat masuk ke dalam sepuluh besar IGA tahun ini. Presentasi kami tadi mencakup inovasi di bidang pertanian, yakni Gerakan Sejuta Kotak Umat, dan di sektor pendidikan, SILAT,” tagas Mas Arief.

Dengan berbagai inovasi di sektor pertanian dan pendidikan, Blora berharap dapat mendorong pertanian organik dan mengatasi permasalahan ATS di wilayah mereka. Bupati Arief juga berambisi menjadikan Blora sebagai kabupaten organik yang menghasilkan beras organik berkualitas.

“IGA ini merupakan penghargaan dari pemerintah pusat yang mengakui prestasi pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan dengan cara-cara inovatif. Penghargaan IGA diharapkan akan memberikan dorongan dan motivasi kepada pemerintah daerah untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan di wilayah mereka,” terang Mas Arief.

Pada tahun 2022, terang Mas Arief, Kabupaten Blora berhasil meraih predikat Kabupaten Sangat Inovatif dalam kompetisi Innovation Government Award (IGA) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Bupati Arief, IGA adalah pemicu semangat bagi daerah-daerah di bawah naungan Kemendagri untuk terus melahirkan terobosan-terobosan inovatif.

“Penghargaan ini memacu semangat kami di pemerintah daerah. Kami dari Pemkab akan terus berinovasi demi kepentingan masyarakat,” tegasnya.***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *