Desa Wisata Budaya Sambongrejo Diresmikan, Bupati : Harus Memberi Kesan Bagi Wisatawan

BLORA, (blora-ekspres.com) – Bupati Blora Arief Rohman telah me-launching Desa Wisata Sambongrejo dan Live In Bersama Sedulur Sikep, di Pendopo Sedulur Sikep Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Sabtu (30/10/2021) malam.

Desa Sambongerjo sendiri, merupakan desa wisata berbasis budaya ini, Warga Samin yang dikenal dengan Sedulur Sikep akan mengajak para wisatawan untuk interaksi dan belajar nilai-nilai luhur.

Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan pertunjukan kesenian tradisional. Diantaranya kesenian lesung, kelas membatik dan sajian kuliner khas serta berbagai kegiatan menarik lainnya.

Sebagai Bupati Blora, Arief Rohman berharap Desa Wisata Sambongrejo ini dapat menjadi salah satu paket destinasi wisata unggulan Blora untuk dikunjungi para wisatawan maupun tamu-tamu, khususnya dari luar daerah.

“Ketika nanti ke Blora, saya ingin Desa Wisata Sambongrejo ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan,” terang Arief.

Arief juga berharap, wisatawan luar daerah yang setelah berkunjung ke Desa Wisata Sambongrejo merasa terkesan.

“Setiap tamu dari luar daerah setelah datang kesini, selalu merasa terkesan, termasuk juga Pak Menteri Desa PDTT yang beberapa waktu lalu kesini,” tambah Arief.

Sejalan dengan akan beroperasinya penerbangan di Bandara Ngloram dalam waktu dekat ini, Pemkab Blora tengah menyiapkan sektor pariwisata secara matang, untuk menyambut para tamu maupun wisatawan dari luar daerah. Termasuk kaitannya dengan paket-paket wisata yang akan disiapkan.

“Intinya kita harus mampu membuat kesan kepada tamu-tamu yang datang ke Cepu dan Blora ini, sehingga nanti mereka bisa kembali kesini lagi,” ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief menyapaikan, telah siapkan agar kedepannya sektor pariwisata mampu menjadi andalan di Blora. Baik dari destinasi wisata, kulinernya, keramahan kita, dan sebagainya.

“Kita harus berupaya agar orang yang berkunjung ke Blora dan Cepu ini ada kesan yang baik untuk bisa kembali kesini,” tambah Arief.

Untuk mencapai hal tersebut, Pemkab turut bersinergi dengan berbagai pihak lainnya untuk mengoptimalkan potensi pariwisata di Blora.

“Kita memang berupaya bagaimana sektor pariwisata kedepan menjadi andalan kita, termasuk juga menggandeng berbagai pihak lainnya untuk bersinergi, seperti halnya Perhutani yang memiliki potensi wisata alam di wilayah Blora seperti Gubug Payung dan lainnya,” pungkas Arief.

Sementar, Kepala Desa Sambongrejo Wahono Heru mengungkapkan rasa terimakasihnya atas keseriusan Pemkab Blora dalam pengembangan desa wisatanya.

“Kami dari Desa Sambongerejo belajar dari pendampingan Dinporabudpar Blora, terimakasih dengan adanya perhatian dari Pemkab Blora untuk wisata di Kampung Samin ini bisa menjadi seperti harapan teman-teman Pokdarwis disini,” ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru mengatakan, akan terus berupaya menjadi Desa Sambongrejo lebih baik, termasuk dari segi kelengkapan penunjang dan sebagainya agar desa wisata tersebut dapat semakin maju sebagai salah satu desa wisata yang menjaga tradisi dari leluhur.

“Kehidupan di Kampung Samin seperti ini, selain itu untuk nguri-uri, budaya dari leluhur, agar nanti sampai ke anak cucu. Kami juga harapkan sinergi kita bersama sama untuk memajukan Desa Sambongrejo,” pungkas Heru.*** Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.