Mencengangkan, 17 Penderita HIV Baru Ditemukan di Blora

BLORA, (blora-ekspres.com) – Penderita HIV/AIDS di Blora jumlahnya terus bertambah. Baru-baru ini saat menggelar Voluntary Counselling and Testing (VCT) secara mobile di sejumlah lokalisasi di Jepon dan Cepu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora temukan 17 penderita HIV baru.

”Ya memang ditemukan ada 17 penderita HIV baru, saat kami menggelar VCT secara mobile di sejumlah lokalisasi di Blora,” tandas Kepala Dinkes Blora, Lilik Hernanto.

Rinciannya, saat melakukan VCT di Kampung Baru Jepon, dari 40 orang yang diambil sampel darah, hasilnya 7 orang reaktif atau positif HIV. Di Sumber Agung Cepu, dari 55 orang yang diambil sampel darah, 5 orang diantaranya hasilnya reaktif. Dan hasil VCT di Nglebok Cepu, dari 50 orang yang diambil sampel darah, diketahui ada orang yang reaktif.

”Jadi pemeriksaan tes HIV melalui Klinik VCT Mobile di tiga tempat itu, total kasus HIV yang ditemukan ada 17 orang,” jelas Lilik Hernanto.

Ditambahkan, disaat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, Dinkes Blora tidak hanya mengurusi Covid saja. Melainkan masalah kesehatan lainnya, diantaranya HIV/AIDS juga diperhatikan.

Saat ditanya tentang jumlah penderita HIV/AIDS keseluruhan di Blora, Lilik mengatakan, total ada 79 kasus. Rinciannya, 42 HIV dan AIDS 37.

Perlu diketahui, VCT merupakan konseling dan tes HIV secara sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.