Pakudjembara 2020 Digelar Secara Virtual

BLORA, (blora-ekspres.com) – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menggelar event bersama wilayah Pakudjembara (Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora). Acara yang melibatkan enam daerah di Jawa Tengah itu berlangsung secara virtual, Selasa, (17/11/2020)

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Slamet Pamuji melalui Kepala Bidangg Pariwisata Dinporabudpar, Wahyu Tri Mulyani menjelaskan, event bersama ini merupakan acara rutin tahunan.

Dan Dinporabudpar Blora menjadi salah satu kepanjangan tangan Disporapar Jawa Tengah untuk menyiapkan serta memfasilitasi seniman yang akan tampil di daerah masing-masing.

Namun pada kesempatan kali ini karena masih dalam pandemi Covid-19 sehingga kegiatan dilangsungkan secara virtual.

“Konsep dari agenda tersebut, setiap kabupaten menampilkan pertunjukan di masing-masing daerah. Setiap daerah secara bergiliran menampilkan atraksi seni dengan durasi sekitar 15-25 menit,” jelas Wahyu Tri Mulyani saat ditemui media ini, Senin (16/11/2020).

Meski berada di lokasi yang berbeda namun tetap dapat dikemas menjadi satu acara menarik.

“Semisal Kabupaten Blora menggelar kegiatan di Loco Tour Cepu daerah lain pun begitu mengambil lokasi pertunjukan yang merupakan destinasi wisata unggulan di tempat mereka masing-masing,” ujarnya.

Dalam pertunjukan tersebut, Dinporabudpar akan menampilkan tari tradisional yang sudah dikoreografi (Barongan Nara Singa Lodra). Sehingga, bisa klop dengan konsep latar belakangnya.

”Supaya bisa nyambung dengan konsep tari tradisional dan latar background lokasinya, kami memilih Loco Tour,” jelas Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu menambahkan event bersama yang berlangsung secara virtual baru yang pertama ini digelar.

Biasanya kegiatan dilangsungkan secara offline namun karena tahun ini terjadi pandemi Covid-19 sehingga panitia memutuskan untuk melakukannya secara online

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk tetap mengembangkan atraksi seni dan budaya di tengah pandemi Covid.

Pelaku seni tetap bisa tampil namun dengan patuh pada protokol kesehatan.

Penonton dapat menyaksikan pertunjukan melalui live streaming di chanel Youtube.***(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *