Rangkaian Hari Jadi 271, Diawali Ziarah Makam Bupati Tempo Dulu

BLORA, (blora-ekspres.com) – Ziarah ke makam Bupati tempo dulu telah menjadi agenda rutin kala peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora tiba. Melanggengkan tradisi tersebut, Bupati Blora, Djoko Nugroho bersama jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan sejumlah tokoh agama di Komplek Makam Tirtonatan Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora, Selasa (01/12/2020) pagi.

Ziarah ke makam Bupati tempo dulu kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena tidak diikuti wakil bupati blora yang sedang cuti mengikuti pencalonan bupati pada pilkada 9 desember nanti.

Selain Makam Tirtonatan, ziarah dilanjutkan ke komplek Makam Sunan Pojok yang ada di selatan Alun-alun Blora. Disini dimakamkan tokoh penyebar agama Blora, Simbah Sunan Pojok bersama anaknya yang pernah menjabat sebagai Bupati Blora semasa Kerajaan Mataram Islam.

Dari makam Sunan Pojok, rombongan beralih ke Kecamatan Cepu. Melakukan ziarah ke makam Basuki Widodo yang juga kakak kandung Bupati Djoko Nugroho sebagai Bupati Blora pada tahun 1999-2007.

“Ziarah kali ini juga berbeda karena masih pandemi kami tetap mentaati protokol kesehatan,” jelas Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Blora, Solichan Mochtar, Selasa (01/12/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Djoko Nugroho mengatakan, kegiatan peringatan hari jadi ini beda dengan tahun lalu. kegiatan ini, bisa tetap menguri uri budaya leluhur dan bisa menjadikan agenda rutin tetap berjalan secara terus menerus.

“Hari jadi kali ini berbeda karena ditengah pandemi kita harus tetap memperingati hari jadi, semoga tidak menyurutkan semangat kita. Terimakasih kepada Forkopimda dan seluruh Kepala OPD, bersama Camat dan Kalur maupun Kades yang telah turut serta dalam kegiatan ziarah ini. Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kami terhadap leluhur dan para Bupati terdahulu yang telah memimpin Blora,” ucapnya.

Selain ketiga makam tersebut, ziarah juga dilakukan rombongan lain di Makam Mr.Iskandar yang merupakan Bupati Blora 1945-1948 yang ada di Makam Keluarga Prawirodirjan utara Gudang Banyu, dan juga ziarah Makam Janjang yang ada di Desa Janjang Kecamatan Jiken.

Perlu diketahui, sebelumnya, Kokok panggilan akrab Djoko Nugroho juga telah dilaksanakan ziarah makam para Bupati terdahulu yang berada di luar kota. Seperti di Tuban, Semarang, Solo dan Temanggung.***(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *