Example floating
Example floating
Example floating
HLPendidikan

Tingkatkan Kepercayaan Diri dan Kreativitas Siswa, SMP Negeri 1 Banjarejo Gelar Karya Projek P5

×

Tingkatkan Kepercayaan Diri dan Kreativitas Siswa, SMP Negeri 1 Banjarejo Gelar Karya Projek P5

Sebarkan artikel ini

BLORA, (blora-ekspres.com) – Upaya menggali kreatifitas siswa-siswi, SMP Negeri 1 Banjarejo, Blora menggelar Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bhinneka Tunggal Ika “Beragam Budaya Indonesia di halaman sekolah setempat, Rabu (06/03/2024).

Kepala SMP Negeri 1 Banjarejo, Siti Suwarmi menjelaskan, acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan kreatifitas mereka, menggali bakat, serta meningkatkan rasa percaya diri siswa sebagai implementasi gelar karya P5 menjadi salah satu sarana penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.

“Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika ini merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan,” terang Siti Suwarmi.

Siti Suwarmi juga menjelaskan, gelar karya P5 ini bukan sekadar membangun profil pelajar pemuda Pancasila, melainkan sebuah upaya konkret mengajarkan anak didik untuk merajut persatuan dan menghargai warisan budaya leluhur melalui keindahan budaya Indonesia.

“Kita ingin anak-anak tahu tentang keberagaman dari pakaian adat dan Kebudayaan Indonesia,” ujar Siti Suwarmi.

Melalui gelar karya Bhineka Tunggal Ika ini, tambah Siti Suwarmi dapat menciptakan pengalaman edukatif yang tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa tentang keberagaman budaya Indonesia, tetapi juga membangun rasa cinta terhadap tanah air.

Selaku Kepala SMP Negeri 1 Banjarejo, Siti Suwarmi memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah mampu menghasilkan ide dan inovasi dalam menampilkan kreasi seni dan budaya.

“Saya berharap proses pembelajaran ini tidak berhenti disini, harus terus berkelanjutan sehingga profil pelajar pancasila benar-benar tertanam pada diri peserta didik,” ungkap Siti Suwarmi.

Selain itu, Siti Suwarmi.juga menekankan bahwa P5 lebih dititikberatkan pada pencapaian nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dan keberhasilan kegiatan P5 ini tidak lepas dari peran guru yang telah membimbing dan menfasilitasi peserta didik selama kegiatan P5.

Sementara, salah satu koordinator P5, Eny Rahmawati menambahkan tema Bhinneka Tunggal Ika merupakan salah satu kegiatan P5 agar peserta didik mempelajari berbagai keanekaragaman budaya, agama, adat istiadat yang ada di setiap daerah di berbagai provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut, Eny mengatakan implementasi P5 pada kurikulum merdeka mencakup beberapa tema salah satunya adalah Bhinneka Tunggal Ika. Maka SMP Negeri 1 Banjarejo mengajak peserta didik dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan Bhinneka Tunggal Ika juga sebagai semboyan negara ini yang menggambarkan kondisi Indonesia yang mempunyai banyak keragaman budaya,

“Dalam penanaman P5 ini merancang dan memberikan kesempatan bagi peserta didik atau siswa saat proses belajar mengajar dengan menambah kegiatan membuat produk dengan berbagai karya sebagai bentuk aktualisasi dari nilai Kebhinekaan yang telah di sampaikan. Dan kegiatan ini dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan gelar karya melalui berbagai aktivitas,” ujar Eny.

Eny juga menyampaikan, gelar karya P5 Bhinneka Tunggal Ika diikuti oleh seluruh siswa kelas 8. Setiap kelas menampilkan dua kelompok satu pasang duta kelas.

“Persiapan gelar karya P5 Bhinneka Tunggal Ika dilakukan selama satu minggu. Total ada 18 kelompok dan delapan duta kelas,” pungkas Eny.***

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *