Aris Susanto : Menanam Pohon, Untuk Investasi Kesehatan

BLORA, BE – Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati. Pepatah ini nampaknya ingin benar-benar diterapkan di Desa Sumber Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora dalam pencegahan bencana alam. Desa yang dilintasi aliran Sungai Wulung (DAS Bengawan Solo) ini mulai menggalakkan gerakan penghijauan untuk mencegah potensi bencana alam.

Pemuda desa yang tergabung dalam Aliansi Remaja Sumber Pecinta Alam (Arsumpala) dengan dimotori Kades Sumber, Aris Susanto, bersama-sama sejumlah stakeholder terkait melakukan penanaman pohon secara massal di turus jalan sepanjang 2 kilometer. Penanaman dimulai dari Dukuh Tambak menuju Dukuh Sambungmacan yang merupakan bagian dari ruas jalan kabupaten Sumber-Temulus, Selasa (04/02/2020) kemarin pagi.

Aris Susanto mengatakan, selain untuk mencegah bencana, penanaman pohon desa akan napak  semakin hijau, asri dan sejuk serta dapat meningkatkan penyerapan air, dengan mananam pohon, “Dengan mananam pohon, sama halnya kita menanam investasi kesehatan untuk alam kita. Oleh sebab itu kita ajak para pemuda bersama stakeholder terkait yang dalam hal ini ada Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng,” ucap Kades Sumber.

Pada kesempatan ini, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng yang telah memberikan bantuan bibit tanaman yang telah ditanam bersama-sama.

“Setidaknya ada 750 bibit tanaman dari Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng yang tadi kita terima dan ditanam bersama. Tidak hanya pohon perkerasan jalan saja namun juga pohon buah-buahan seperti bibit pohon rambutan, nangka, matoa, kawis, serta tanaman pohon tabebuya yang bunganya indah,” terang Kades Sumber.

Dengan adanya kegiatan ini, Aris berharap akan semakin banyak pemuda desa yang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan bisa ikut merawat kelestarian alam.

“Tidak hanya menanam saja, selanjutnya akan kami ajak para pemuda untuk aktif merawat bibit-bibit pohon yang telah tertanam agar bisa tumbuh besar dengan baik menuju Sumber Mantap Berkarya,” lanjutnya.


Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Heru Jatmika mengapresiasi kegiatan penghijauan desa yang dilaksanakan di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan oleh Kades bersama para pemuda.

“Ini kegiatan yang bagus, terlebih mengajak anak-anak muda untuk cinta lingkungan. Kami berharap program ini tidak hanya sekali namun bisa berkelanjutan agar semakin banyak wilayah yang dihijaukan,” ucap Heru Jatmika.

Adapun salah satu pemuda Desa Sumber, Ade (16), mengaku senang bisa ikut menyukseskan pelaksanaan kegiatan “Sumber Menanam” untuk kali pertama ini.

“Terima kasih Pemdes Sumber, Bapak Camat dan Dinas Kehutanan atas terlaksananya program “Sumber Menanan” hari ini. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini nantinya pohon bisa tumbuh dengan baik, jalan desa terlihat hijau, tidak panas lagi saat kemarau dan bebas banjir,” kata Ade.

Tidak hanya Arsumpala saja, namun juga melibatkan para pelajar dari SMA NU 1 Kradenan, SMK Muhammadiyah Kradenan, serta Pramuka. Acara penanaman yang bertajuk “Sumber Menanam” ini juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Heru Jatmika S.Hut, M.Si, jajaran Forkopimcam Kradenan, dan Petugas Penyuluh Kehutanan.***(Ril/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.