Bawaslu Blora Tidak Memperpanjang Pendaftaran Panwascam

BLORA, BE – Badan Pengawas Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Blora tidak memperpanjang masa pendaftaran bagi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah dibuka sejak 27 Nopember 2019. Jumlah pendaftar telah memenuhi kuota hingga batas akhir pendaftaran, Selasa (3/12/2019) sore.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Blora, Achmad Rozak mengemukan, sudah memperkirakan pendaftar bakal membludak di hari terakhir. “Seperti yang diperkirakan sebelumnya, pendaftaran Panwascam Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Blora 2020 membludak di hari terakhir. Tercatat ada 111 orang yang mendaftar di hari ke 7, Selasa (3/12).”

“Total sampai hari terakhir pendaftaran, jumlah pendaftar menjadi 304 orang, ini sesuai prediksi kami sebelumnya”, ungkap Rozak. Dari 304 orang, lanjut Rozak, tercatat ada 203 orang pendaftar dan 101 orang pendaftar perempuan. Pendaftar terbanyak di Kecamatan Blora sebanyak 46 orang dan paling minim peminat di Kecamatan Jiken dengan 6 orang pendaftar.

Secara keseluruhan, lanjut Rozak, jumlah tersebut telah memenuhi minimal enam pendaftar di masing-masing Kecamatan. Dilihat dari kebutuhan 3 orang anggota per Kecamatan. “Banyaknya jumlah pendaftar, membuat persaingan untuk menjadi anggota Panwascam cukup sengit. Terutama di Kecamatan Blora,” jelas Rozak.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan, mengungkapkan kuota minimal bagi pendaftar calon panwascam di tiap kecamatan sebanyak 6 orang pendaftar setiap kecamatan sudah terpenuhi. Sehingga Bawaslu tidak lagi memerlukan penambahan waktu pendaftaran.

“Alhamdulillah kuota minimal bagi pendaftar calon panwascam sebanyak 6 orang pendaftar di tiap kecamatan sudah terpenuhi. Sehingga kami tidak lagi memerlukan penambahan waktu pendaftaran,” terang Lulus.

Dalam tahapannya selanjutny, Bawaslu Blora akan menindaklanjuti berkas yang telah masuk dengan penelitian secara seksama oleh kelompok kerja yang telah dibentuk Bawaslu. dilaksanakan 12 hingga 15 Desember 2019. Pasca penelitian administrasi, mereka yang lolos akan mengikuti tes tertulis dan wawancara pada tanggal 13-17 Desember. “

Jadipara peserta silakan melakukan persiapan sebaik-baiknya,” lanjut Lulus. Sementara itu untuk jadwal pelantikan dijadwalkan tanggal 22 sd 23 Desember 2019 mendatang. Bawaslu Blora menargetkan mendapatkan pengawas yang berintegritas dalam semua tingkatan, terutama di Panwas Kecamatan. “Kami mentargetkan pengawas pemilihan merupakan kader masyarakat terbaik dan netral. Artinya tidak merupakan simpatisan maupun anggota Partai Politik manapun,” pungkasnya.***(Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.