Cegah Covid-19, Pemdes Sambonganyar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

BLORA, (blora-ekspres.com) – Cegah penyebaran Virus corona atau Covid-19, Pemerintah Desa Sambonganyar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora melakukan penyemprotan disinfektan di lingkup kantor desa dan tempat umum.

Kepala Desa (Kades) Sambonganyar, Teguh Mulyo Utomo mengatakan kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya wabah pandemi Covid-19 yang saat ini menjadi bencana internasional.

Ia juga bagaimana agar masyarakat membiasakan hidup sehat. Warga juga diminta tanggap untuk segera melaporkan warganya yang terindikasi Covid-19 atau pulang dari luar kota, kepada Pukesdes atau Pukesmas Rowobungkul agar segera ditangani.

“Kegiatan pagi ini merupakan upaya Pemerintah Desa Sambonganyar bekerjasama dengan Puskesmas Rowobungkul dalam penaggulangi bencana pandemi Covid-19, kami lakukan penyemprotan disinfektan di lingkup desa dan tempat umum serta kami lakukan sosialisasi berkeliling agar desa Sambonganyar tetap aman,” kata Kedes Sambonganyar kepada media ini di sela-sela penyemprotan disinfektan, Jum’at (27/03/2020).

Selaku Kades, Teguh mengimbau kepada warga desanya mengikuti anjuran pemerintah pusat menghindari kerumunan masa.

“Saya mengimbau kepada seluruh warga Desa Sambonganyar harus mengikuti anjuran pemerintah pusat menghindari kerumunan masa, juga jaga jarak dan berdiam di rumah masing-masing,” pintanya.

Wakil Ketua DPRD blora, Siswanto memantau penyemprotan disinfektan oleh tim dari Puskesmas Rowobungkul di Desa Sambonganyar, Kecamatan Ngawen

Sementara Petugas Puskesmas Rowobungkul, Sri Utami mengungkapkan, penyemprotan disinfektan ini untuk mencegah penyebaran covid 19 yang sekarang sudah mulai tersebar dan semua masyarakat menjadi khawatir terkait penyebaran virus tersebut.

“Meski belum ada orang yang terserang Covid-19 di Kecamatan Ngawen, terutama di wilayah Puskesmas Rowobungkul, namun kami berusaha semaksimal mungkin melakukan pencegahan sedini mungkin. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Sri Utami.

Hari ini (Jum’at, red), merupakan hari ke empat kita melakukan sosialisasi dan hari ke dua melakukan penyemprotan disinfektan.

Ia juga menjelaskan, upaya penanganan ini sesuai dengan himbauan dari pihak pemerintah kabupaten Blora untuk melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Blora.

“Kami dari Puskesmas terus berusaha melakukan pencegahan pembersihan. Penanganan tentunya terus kami lakukan supaya wilayah Kecamatan Ngawen, terutama wilayah Puskesmas Rowkbungkul terhindar dari penyebaran Covid-19,” terangnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat terkait bahaya Virus Corona dan selalu menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Lebih lanjut, Sri Utami menambahkan, pihaknya selalu mengimbau agar warga turut serta dalam penanganan masalah ini. Karena virus akan menghilang ketika lokasi yang ditempati bersih, dan terus dinetralisir dengan penyemprotan disinfektan.

“Penyemprotan disifektan dilakukan dari mulai luar bangunan dan juga di dalam bangunan, pagar, lantai, dan tempat-tempat yang sering disentuh ketika mengunjungi lokasi tersebut,” pungkasnya.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.