Imunitas Kunci Utama Kesembuhan Pasien Covid-19

BLORA, (blora-ekspres.com) – Meskipun hari ini, Minggu (07/06/2020) tidak ada penambahan kasus, namun Plt. Kepala Dinas Kesehatan Blora, Lilik Hernanto mengaku prihatin karena belum ada penambahan kasus sembuh.
Pihaknya menegaskan, ada tiga kunci utama untuk kesembuhan pasien Covid-19 baik yang di rawat di rumah sakit atau yang melakukan isolasi mandiri.

Mungkin, banyak masyarakat yang bertanya dan tidak sabar, mengapa tidak sembuh-sembuh. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesembuhan.

“Utamanya adalah daya tahan tubuh (imunitas), selain itu juga jenis dan jumlah virus di dalam tubuh serta kondisi psikis pasien,” terang Lilik.

Lilik juga memohon kepada keluarga serta masyarakat selalu do’a dan bersabar.

“Sekali lagi kami memohon kepada seluruh masyarakat Blora, khususnya keluarga untuk selalu bersabar, mohon doanya semoga segera sembuh. Kami opstimis angka kesembuhan akan meningkat, dan tidak ada kasus baru,” ujar Lilik.

Lebih lanjut, Lilik mengakui, penambahan jumlah reaktif rapid-test cukup tinggi. Hal ini dikarena Dinkes masih terus melakukan rapid-test massal di beberapa tempat umum. Dan masih menunggu hasil swab.

“Yang reaktif ini sudah kita swab, semoga nanti hasilnya negative,” harapnya.

Menyinggung konsep new normal, Lilik Hernanto menyampaikan, pelaksanannya nanti semua bisa beraktifitas seperti biasa namun tetap melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari potensi persebaran Covid-19 dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna.

“Yang pertama cuci tangan pakai sabun sesering mungkin, kedua pakai masker jika terpaksa keluar rumah, ketiga hindari kerumunan, keempat rajin berolahraga, hindari stress dan istirahat yang cukup. Lima sempurnanya yakni meningkatkan daya tahan tubuh dengan memperbaiki nutrisi dan asupan gizi seperti perbanyak sayur, buah dan vitamin. Ini adalah 4 sehat 5 sempurna dalam menghadapi Covid-19,” pungkasnya.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.