Koperasi PUAP Siji Dhewe Bagiakan Bibit Buah Pada Anggota

BLORA, (blora-ekspres.com) – Koperasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) PUAp Siji Dhewe Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora bagikan bibit buah pada anggota, Selasa (21/04/2020) kemarin.

Ketua Koperasi Gapoktan PUAP Seje Dhewe, Suparno kepada media ini menyampaikan, pemberian bibit buah kepada anggota dengan optimalisasi pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan. Minimal bagi keluarga, sehingga produksi pangan tidak hanya pada lahan sawah.

“Pemanfaatan pekarangan, terutama bagi masyarakat yang memiliki yang lebih luas dapat ditanam komoditas buah-buahan dengan harapan dapat mewujudkan ketahanan pangan minimal bagi keluarga,” ujar Suparno.

Bibit buah yang dibagikan ini, lanjut Suparno yang juga sebagai Kepala SMPN 1 Todanan, dibeli dari uang sisa hasil usaha (SHU). “Karena pandemi virus corona (Covid-19), rapat anggota tahunan (RAT) tahun ini ditiadakan,” terang Suparno.

Sementara, Kepala Desa Sempu, Lilik Zubaidi memberikan apresiasi kepada PUAP Siji Dhewe yang telah membagikan bibit buah kepada anggota yang mayoritas warga Sempu.

“Sebagai Pemerintah Desa kami memberikan apresiasi kepada Koperasi Gapoktan PUAP Siji Dewe atas keaktifan lembaga tersebut yang berperan aktif dalam gerakan koperasi. Tidak hanya memberi bantuan bibit, Koperasi Gapoktan PUAP Siji Dewe juga mendorong masyarakat menyiapkan dan memanfaatkan lahan-lahan sempit, termasuk pekarangan rumah, untuk ditamani tanaman pangan,” ucap Kades Sempu yang akrab dipanggil Kang Lilik ini.

Selain menjaga ketahanan pangan, lanjut Kang Lilik, penanaman pohon ini tujuan untuk menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan.

Senada dengan Kang Lilik, petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kunduran, Sudarto juga memberi apresiasi kepada Koperasi Gapoktan PUAP Siji Dewe.

“Koperasi Gapoktan PUAP Siji Dewe Desa Sempu ini sudah lama berdiri, tapi eksistensinya tetap terjaga. Semoga Koperasi Gapoktan ini selalu memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat,” harapnya.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.