Wana Wisata Sabrangan Keindahan Alam yang Tersimpan

BLORA, (blora-ekspres.com) – Berada dibawah lereng bukit pencu dan dikelilingi hutan jati, membuat Desa Gandu, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora nampak sejuk dan memiliki panorama alam khas pedesaan.

Hal tersebut, membuat Kanit Binmas Polsek Bogorejo Polres Blora, Aiptu Mulyono untuk mencoba menggali potensi desa yang tersimpan menjadikan wisata alam yang menjanjikan.

Berawal dari diskusi kecil dengan Kepala Desa, Perangkat, tokoh masyarakat dan pemuda karang taruna setempat, Aiptu Mulyono melontarkan usul untuk membangun lokasi wisata alam.

Gayungpun bersambut, usul Kanit Binmas tersebut disetujui bahkan didukung oleh pemerintah desa setempat membangun lokasi wisata.

Wana Wisata Sabrangan. Wana wisata yang akan dibangun spot spot wisata alam seperti jembatan gantung, flaying fox, sepeda terbang, camping ground, arena foto selfi serta wisata kuliner.

Sekitar tiga bulan yang lalu pembangunan lokasi wisata alam tersebut mulai dirintis, dimana seluruh warga terutama para pemuda bergotong royong bersama.

Hingga saat ini telah berdiri pendopo atau gazebo, tempat sanitasi kamar mandi, taman bunga, warung kopi pemuda, serta spot spot foto dan tempat santai untuk menikmati indahnya pemandangan, bahkan dilokasi tersebut juga ada sungai yang masih sangat alami dari sumber mata air yg bersih.

Untuk pembangunannya sendiri hingga saat ini baru berjalan 50 persen, Kanit Binmas beserta Kepala Desa tak bosan untuk memberikan semangat kepada warga.

“Masyarakat desa harus dipupuk semangat memajukan desanya, kemudian dilakukan identifikikasi keunggulan desanya mulai dari sisi ekonomi hingga budaya,” ucap Kanit Binmas Aiptu Mulyono, Kamis, (26/11/2020) saat kerja bakti membuat taman bunga di lokasi wana wisata Sabrangan.

Menurut dia masyarakat memang perlu diberdayakan, terlebih di masa pandemi banyak pekerja dari kota besar yang kembali ke kampung halamannya.

“Mau tidak mau, desa harus mengelola semua potensi yang ada mulai dari pertanian, hingga potensi lainnya seperti pariwisata, dimana disini ada lokasi yang indah yang bisa di kembangkan sehingga bisa menjadi penggerak ekonomi warga selain dari pertanian,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala desa Gandu Iwan Sucipto mengungkapkan bahwa anggaran pembangunan sampai saat ini berasal dari patungan sukarela warga desa serta bantuan dari para donatur, salah satunya adalah dari Perhutani setempat.

Kepala Desa menguraikan bahwa pihaknya telah mengajukan proposal ke pemerintah Kabupaten Blora, selain itu pihak desa juga telah berkoordinasi dengan salah satu perusahan BUMN untuk menjadi sponsor pembangunan lokasi wisata tersebut.

“Kita mencoba menggali potensi wisata alam disini, dimana akan kita sajikan produk lokal unggulan, baik wisata alamnya ataupun wisata kulinernya, mohon doa dan dukungannya semoga lancar sesuai rencana,” ucap Kepala Desa.

Kanit Binmas berharap dengan adanya lokasi wisata tersebut dapat menambah pendapatan penduduk, apalagi lokasi untuk menuju lokasi hanya sekitar 60 menit dari Alun Alun Kabupaten Blora.***(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *