Ngonthel Sepeda Bekas Hasilkan Setrum Listrik 400 Watt

BLORA, (blora-ekspres.com) – Pada masa lalu sepeda onthel dipergunakan masyarakat sebagai sarana transportasi. Dan sekarang, sepeda onthel menjadi trend olahraga.

Namun di tengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mengurangi aktifitas di luar rumah. Dengan kondisi tersebut, Noer Chanief (53), memuncul ide baru membikin sepeda energi.

Ide itu langsung diterapkan dengan membeli sepeda angin bekas dan didesain menjadi sepeda kaya energi.

Awalnya ia melihat harga sepeda bekas sangat murah. Hanya sekitar 150-200 ribu rupiah.

“Dari situ muncul ide memanfaatkan sepeda angin bekas dibuat menjadi kaya energi, sehingga harga jualnya menjadi jutaan rupiah,” kata Noer Chanief saat ditemui di bengkelnya, Rabu (27/05/2020).

Sepeda kaya energi tersebut, lanjut Noer Chanief, diberi nama Sepeda Bekas Kaya Energi (Dakasyagi) yang dapat menghasilkan daya listrik sebesar 400 watt.

Muncul ide sepeda energi tersebut, pria yang juga guru SMKN 1 Blora jurusan otomotif ini langsung menerapkan dengan membeli sepeda angin bekas. Sepeda sepeda angin bekas itu dipereteli dan didesain.

”Memang pertama dipancal cukup berat. Tapi setelah berjalan sudah ringan,” ungkap Noer Chanief.

Peralatan itu kemudian dirakit sedemikian rupa agar bisa menciptakan daya listrik. Sebuah accu disambungkan ke inverter untuk diolah menjadi daya yang berkekuatan 220 volt dan menimbulkan arus listrik.

Accu yang dipakai berkekuatan 60 ampere, dan satu buah berkekuatan 120 amper. Sepeda angin jika dipancal atau digenjot akan muncul tegangan listrik.

”Proses pengisiannya bisa 5 menit berhenti atau 10 menit berhenti. Pokoknya total 30 menit bisa menghasilkan listrik 400 watt,” tutur Noer Chanief.

Cara kerjanya, roda belakang dipasang van belt kemudian dihubungkan dengan puli yang fungsinya untuk meningkatkan putaran yang disambung ke dinamo amper ke kabel menuju ke accu. Accu yang tersambung ke inverter akan keluar listrik dan menyimpan daya di inverter serta merubah arus.

Dari inverter itulah arus listrik bisa langsung digunakan untuk mengisi daya di Handphone, membuat juz, memasak dengan magicom dan lainnya.***(Red/Ely)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.